PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD

Linda Ramadhani(1*),

(1) SD Negeri 212 Rompegading
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26061

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 212 Rompegading Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 212 Rompegading Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng pada semester genap 2020/2021 yang berjumlah 12 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Pada siklus I menunjukkan nilai terendah 72 dan nilai tertinggi 82 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 76. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan nilai terendah 74 dan nilai tertinggi 90 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 82. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 58,3% dan pada siklus II terjadi peningkatan yakni 91,7%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD


Keywords


Problem Based learning, hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. Dkk., 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Cetakan Kesembilan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah. Dkk., 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Siti Zakiyah1, Kartika Chrysti Suryandari2, W. (2017). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Ipa Tentang Gaya Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Gebangsari Tahun Ajaran 2016/2017. Kalam Cendekia Kebumen, 5(3), 656–663.

Suarni, D. A. K. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ips. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 206.

https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.11997

Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 320 times | PDF view : 85 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Linda Ramadhani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License