PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DI KELAS 2 SDN 2 SETU KULON

Kholifatul Laela(1*),

(1) SDN 2 Setu Kulon
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26057

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penerapan model pembelajaran project based learning pada kelas 2 di SDN 2 Setu Kulon dengan materi pasar dan uang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir siklus dan lembar observasi. Sedangkan teknis analisis data secara kuantitatif. Pertemuan tatap muka terbatas memerlukan adaptasi dari peserta didik. Beberapa peserta didik kurang memahami materi ajar. Hal ini menyebabkan kurangnya hasil belajar peserta didik. Maka dibutuhkan model pembelajaran yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa model project based learning dengan pendekatan saintifik mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik selama proses pembelajaran.


Keywords


Hasil Belajar, Pembelajaran Berbasis Proyek

Full Text:

PDF

References


Anni, Chatarina Tri. dan Achmad Rifa’i RC. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.

Daryanto, dan Mulyo Rahardjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

E. Mulyasa. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fathurrohman, Muhammad. 2016. Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyayakarta: Ar-ruzz Media

Kemmis and Taggart. (1990). The Action Research Planner. Victorio. Deakin. Univ Press.

Lembaga Pengembangan dan pemberdayaan Kepala Sekolah. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. [Online]Tersedia:http://lppks.kemdikbud.go.id/uploads/pengumuman/uu_no_20tahun_2003.pdf .

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.


Article Metrics

Abstract view : 998 times | PDF view : 312 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 kholifatul laela

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License