PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA POKOK BAHASAN ARAH MATA ANGIN DALAM DENAH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS III SD NEGERI BARAYA I MAKASSAR

Musyawira Musyawira(1*),

(1) UPT SPF SD Negeri Baraya I Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26048

Abstract


Berdasarkan kenyataan yang terjadi di Sekolah Dasar, masih banyak siswa yang kurang memahami materi pada suatu bidang studi tertentu ketika mengikuti kegiatan belajar mengajar sehingga menyebabkan hasil belajar mereka tidak meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan arah mata angin dalam denah pada tema 8 Praja Muda Karana di kelas III SD Negeri Baraya I tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan pada 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan arah mata angin dalam denah. Perkembangan tersebut dapat dilihat pada setiap siklus. Perkembangan dari pelaksanaan proses pembelajaran dari aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan hasil belajar.

 


Keywords


PBL, arah mata angin dalam denah, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:PT Rineka Cipta.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Syamsu, Y. 2014. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada

Undang-Undang SISDIKNAS Sistem Pendidikan Nasional Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3

Uno, Hamzah B dan Nurdin Muhammad. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM : Pembelajaran Aktif, Inovatif,, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara


Article Metrics

Abstract view : 317 times | PDF view : 103 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Musyawira Musyawira

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License