Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SDN 6 Jatisrono Materi Perkalian
(1) SDN 6 Jatisrono
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26037
Abstract
mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas II SDN 6 Jatisrono terkait dengan materi perkalian sebagai penjumlahan berulang dengan model Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, yang pada setiap siklusnya dilakukan satu tindakan. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas II SDN 6 Jatisrono yang terdiri dari 13 orang peserta didik. Hasil penelitian menggunakan metode Problem Based Learning menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik juga menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan. Pada siklus pertama nilai rata-rata peserta didik mencapai 76 atau sebanyak 62% peserta didik mencapai nilai ketuntasan yang ditetapkan.Dan pada siklus 2 mengalami peningkatan kembali yaitu nilai rata-rata yang diperoleh adalah
87 atau 85% peserta didik mencapai ketuntasan minimal. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik materi perkalian sebagai penjumlahan berulang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Depdikbud. 2002. Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Balai Pustaka.
Dunne &Ted Wragg, 1996. Pembelajaran Aktif dan Efektif. Jakarta: Grasindo.
Mulyasa, E. 2006. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Kamdi, Waras. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Malang: Universitas Negeri Malang.
Nurhadi, Senduk. 2000. Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Rusman, D., & Pd, M. 2010. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Saptono, S. (2003). Strategi belajar mengajar biologi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Suradijono, S. H. R. 2004. Problem-based learning: Apa dan bagaimana. In Makalah Seminar” Penumbuhan Inovasi Sistem Pembelajaran: Pendekatan Problem-Based Learning berbasis ICT (Information and Communication Technology) (Vol. 15, No. 5, p. 2004).
Undang–Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Article Metrics
Abstract view : 1731 times | PDF view : 424 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Setiatiningsih Setiatiningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: [email protected]
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License