Peningkatan Aktivitas Belajar Tematik Melalui Model Problem Based Learning (PTK Pada Kelas III SDN 3 Tambaksogra)

Rr. Retno Diyah Suprobowati(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26034

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran tematik melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 3 Tambaksogra, Kecamatan Sumbang. Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah semester satu tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 23 siswa. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Aktivitas penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan dan pelaksanaan. Hasil penelitian pada siklus I presentase aktivitas siswa bertanya 21,7%, aktivitas mengemukakan pendapat  mencapai 30,4 %, aktivitas dalam ketepatan waktu mengumpulkan tugas 8,6%. Pada siklus ke II aktivitas bertanya meningkat menjadi 43,4%, mengemukakan pendapat 65,2%, aktivitas mengumpulkan tugas tepat waktu 91,3%. Hal ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas iswa pada pembelajaran tematik kelas III SD Negeri 3 Tambaksogra, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.


Keywords


aktivitas, tematik, problem based learning

Full Text:

PDF

References


A.M. Sadirman. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Arikunto, S. dkk. 2013. Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara

Depdiknas. 2007. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta dan Depdikbud

Djamarah, S dan Aswan Z. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Supraptiningsih,dkk. 2009. “Tematik” Modul Suplemen. Jakarta:Depdiknas.

Nana, Syaodih Sukmadinata. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Remaja Rosda Karya

Sugiyono. 2010. Penelitian Kuantitatif Kualitatif dn R & D. Bandung: Alfabeta


Article Metrics

Abstract view : 114 times | PDF view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rr. Retno Diyah Suprobowati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License