KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PBL MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN SLATRI 03

Eka Rumangsa(1*),

(1) SDN Slatri 03
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26030

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media audio visual pada kelas V SDN Slatri 03. Jenis penelitian ini bersifat Pre-Experimental Design dengan bentuk desain eksperimen yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu seluruh kelas V SDN Slatri 03. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas V  SDN Slatri 03 yang diambil dengan teknik Random Sampling. Metode pengumpulan data adalah tes dan observasi secara langsung. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji t diketahui t hitung lebih dari t tabel (13 > 1,691).  Analisis ketuntasan klasikal posttest diketahui dengan presentase 94%, sedang ketuntasan klasikal pretest diketahui dengan presentase 50%. Kemudian nilai rata-rata ranah afektif dan psikomotor berturut-turut meningkat  pada hari ke-1 (77,222), hari ke-2 (83,889), hari ke-3 (92,407) dan hari ke-1 (77,78), hari ke-2 (85,11), hari ke-3 (92,44). Disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantu media audio visual, siswa dapat mencapai ketuntasan belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotor,terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN Slatri 03.


Keywords


PBL, audiovisual, hasil belajar, dan IPA

Full Text:

PDF

References


Agustin. 2013.”Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL)”. Semarang: e-journal UNNES. Jurnal. 2(1):36-44

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.2015.

Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Dewi, N. P. A. M. dkk. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Negeri Pergung. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Eliyana. 2014. “Keefektifan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Keliling Dan Luas”. E- Journal UNNES. Jurnal. 3,(1):40-45.

Farkhatus, Solikhah,dkk. 2012. Penerapan Strategi LSQ Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi.Jurnal. Semarang : Universitas Negeri Semarang. Jurnal. 1, (2): 315-322

Hujair AH, Sanaky. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta : Kaukaba Dipantara

Nafiah, Y. N. (2012). Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 1(1).

Natalia. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Bantuan Media Video Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(2), 75–81.

Nurkhikmah. 2013.”Keefektifan Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA”. Semarang: e-journal UNNES. Jurnal.2, (2):19-24.

Rahmawati,dkk (2013) dengan judul “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Geometri Melalui Kepala Bernomor Terstruktur Berbantuan Media Audio Visual”. Semarang: e-journal UNNES.Jurnal. Jurnal. 2, (3): 10-17

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sastrawan, Marga, Kd dkk (2014), Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V SD Gugus II Tampaksiring Gianyar e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan GaneshaJurusan PGSD( Vol: 2 No: 1)

Setiyani, (2013) dengan judul “Peningkatan Kualitas pembelajaran IPS menggunakan Snowball Throwing media audiovisual kelas IV”. E-journal UNNES. Jurnal. . 2, (3): 70-77

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudiatmika, I. M. A. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Pada Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa. In Prosiding Seminar Nasional MIPA 2016. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung: Alfabeta

Sumantri. Mulyani. 2010. Perkembangan Peserta Didik : Universitas Terbuka.

Utami, Kurnia. 2013. Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. Jurnal. 2, (3): 77-84

Wulandari, Endang Eka, Sri Hartati. 2016. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ipa Melalui Model Problem Based Learning (Pbl) Menggunakan Audiovisual. Jurnal Universitas Negeri Semarang.

Yanti, N. W. W. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Pbl Berbantuan Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha


Article Metrics

Abstract view : 389 times | PDF view : 116 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 eka rumangsa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: jurnalpinisi01@gmail.com


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License