PENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING
(1) SDN KUNIRAN 02
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26027
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abidin. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.
Andika Arends, R. I. and Kilcher, A. (2010). Teaching for student learning : Becoming an accomplished teacher. Oxon : Routledge.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, S., Suhardjono., Supardi., (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.
Johnson, B. Elaine. (2007). Contextual Teaching and Learning, Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Terjemahan Ibnu Setiawan. Bandung: Mizan Learning Centre (MLC).
Kunandar. (2010). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Rajawali Pers.
Kurniasih, I., & Berlin, S. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Surabaya : Kata Pena.
Pamungkas, D. A., Kristis, F., & Anugraheni, I. (2018). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning(PBL) Pada Siswa Kelas 4 SD, 3(1), 270-293.
Rusmono. (2017). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.
Shoimin, Aris. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Vitasari, Rizka. (2016). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas V SD Negeri 5 Kutosari, 4(3), 1-8.
Article Metrics
Abstract view : 243 times | PDF view : 88 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 aan widiyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: jurnalpinisi01@gmail.com
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License