PENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Aan Widiyanto(1*), Zaid Saenal(2),

(1) SDN KUNIRAN 02
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26027

Abstract


Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas V SD Negeri Kuniran 02 Kecamatan Batangan Kabupaten Pati dalam pembelajaran tematik tema 2 Udara bersih Bagi Kesehatan Sub Tema 2 Pentingnya Udara Bersih bagi Pernapasan Pembelajaran 5. Dari 12 siswa baru 5 siswa atau sekitar 41,67% yang mencapai kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Kuniran 02 Kecamatan Batangan Kabupaten Pati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah problem based learning (PBL). Berdasarkan penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Kuniran 02 Kecamatan Batangan Kabupaten Pati. Pada siklus pertama 8 dari 12 anak atau 66,67% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal sedangkan dalam siklus kedua 11 dari 12 anak atau 91,67% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal

Keywords


keaktifan, hasil belajar, PBL

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abidin. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Andika Arends, R. I. and Kilcher, A. (2010). Teaching for student learning : Becoming an accomplished teacher. Oxon : Routledge.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, S., Suhardjono., Supardi., (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Johnson, B. Elaine. (2007). Contextual Teaching and Learning, Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Terjemahan Ibnu Setiawan. Bandung: Mizan Learning Centre (MLC).

Kunandar. (2010). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Kurniasih, I., & Berlin, S. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Surabaya : Kata Pena.

Pamungkas, D. A., Kristis, F., & Anugraheni, I. (2018). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning(PBL) Pada Siswa Kelas 4 SD, 3(1), 270-293.

Rusmono. (2017). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.

Shoimin, Aris. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Vitasari, Rizka. (2016). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas V SD Negeri 5 Kutosari, 4(3), 1-8.


Article Metrics

Abstract view : 243 times | PDF view : 88 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 aan widiyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: jurnalpinisi01@gmail.com


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License