IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN HOTS BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA
(1) SDN Polo Camba
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26024
Abstract
Abstrak. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika tentang bangun datar pada pembelajaran matematika realistic (PMR). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Polo Camba, Mamuju Tengah, Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 11 siswa. Prosedur penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. PTK dilakukan melalui 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa yang diperoleh dengan menggunakan angket. Data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan antara aktivitas siswa yang pembelajarannya menggunakan model PMR dengan aktivitas belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model konvensional; (2) terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model PMR dengan hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model konvensional.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Anni, C. T. 2011. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.
Depdikas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 tahun 2007 tentang Standar Proses. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Dimyati dan Mujiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda
Lazuardi, M. A., Sugiarti, T. dan Agustiningsih, 2017. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Trapesium dan Layang-layang. Jurnal Edukasi, IV (3): 15-19.
Nurwidayanti, Siamsih. 2012. Upaya meningkatkan hasil belajar matematika dengan pembelajaran matematika realistik (PMR) untuk siswa kelas V SD N Malangrejo Ngemplak Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Dinduh 4 April 2019.
https://eprints.uny.ac.id/15033/1/Siamsi h%20Nurwidayanti%2809108247071% 29.pdf
Slameto. 2012. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Susanto, A. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Balai Pustaka: Jakarta.
Widyaningrum, R. 2011. Tahapan J. Bruner dalam Pembelajaran Matematika pada Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat di Sekolah Dasar (SD/MI). Jurnal Cendekia, 9(1): 65-80.
Wijaya, A. 2012. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha II. Pascasarjana Universitas
Article Metrics
Abstract view : 275 times | PDF view : 81 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Sri Wahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: jurnalpinisi01@gmail.com
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License