IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN HOTS BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA

Sri Wahyuni(1*),

(1) SDN Polo Camba
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26024

Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika tentang bangun datar pada pembelajaran matematika realistic (PMR). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Polo Camba, Mamuju Tengah, Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 11 siswa. Prosedur penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. PTK dilakukan melalui 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa yang diperoleh dengan menggunakan angket. Data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan antara aktivitas siswa yang pembelajarannya menggunakan model PMR dengan aktivitas belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model konvensional; (2) terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model PMR dengan hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model konvensional.


Keywords


Realistik Matematika, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anni, C. T. 2011. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.

Depdikas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 tahun 2007 tentang Standar Proses. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dimyati dan Mujiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda

Lazuardi, M. A., Sugiarti, T. dan Agustiningsih, 2017. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Trapesium dan Layang-layang. Jurnal Edukasi, IV (3): 15-19.

Nurwidayanti, Siamsih. 2012. Upaya meningkatkan hasil belajar matematika dengan pembelajaran matematika realistik (PMR) untuk siswa kelas V SD N Malangrejo Ngemplak Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Dinduh 4 April 2019.

https://eprints.uny.ac.id/15033/1/Siamsi h%20Nurwidayanti%2809108247071% 29.pdf

pdf

Slameto. 2012. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Jogjakarta: Pustaka Pelajar

Susanto, A. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Balai Pustaka: Jakarta.

Widyaningrum, R. 2011. Tahapan J. Bruner dalam Pembelajaran Matematika pada Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat di Sekolah Dasar (SD/MI). Jurnal Cendekia, 9(1): 65-80.

Wijaya, A. 2012. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha II. Pascasarjana Universitas


Article Metrics

Abstract view : 275 times | PDF view : 81 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sri Wahyuni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: jurnalpinisi01@gmail.com


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License