PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS V SD NEGERI 8 WONOGIRI

Umi Azizah Fauzani(1*),

(1) SD Negeri 8 Wonogiri
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26023

Abstract


Penelitian ini dilatari oleh masalah yang terjadi dalam pembelajaran di kelas V SD, fokus masalah diuraikan sebagai berikut: bagaimana gambaran penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V SD Negeri 8 Wonogiri. Data awal yang didapat menunjukkan saat pembelajaran siswa kurang memperhatikan materi dari guru, 5 dari 14 siswa kurang memahami ciri – ciri pantun, dan kurangnya kemampuan dalam membedakan organ dan gangguan kesehatan peredaran darah pada manusia oleh 9 siswa dari 14 siswa. Data tersebut terjadi karena minat belajar siswa yang rendah, dan guru belum menggunakan model pembelajaran inovatif, penjelasan guru hanya monoton serta media kurang menarik. Maka untuk meningkatkan  kualitas pembelajaran di kelas V dengan menerapkan model  Problem  Based  Learning  (PBL).  Tujuan  praktik  mengajar yaitu meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar  siswa  kelas  V  SD  Negeri  8  Wonogiri.  Langkah  kegiatan praktik mengajar   meliputi Perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, test dan kajian dokumen, Teknik analisis data deskriptif kualitatif.   Hasil penelitian  pada  praktik  mengajar  1  diperoleh  data  70%  Langkah model telah terlaksana dengan baik, dan kemampuan berpikir tingkat tinggi  siswa mencapai 60% dari jumlah  siswa.  Temuan  penelitian menunjukkan model pembelajaran problem based learning secara bertahap  dapat  meningkatkan  kemampuan  berpikir  tingkat  tinggi siswa kelas V SD Negeri 8 Wonogiri. Kesimpulan penelitian bahwa model pembelajaran problem based learning yang dterapkan dengan baik dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.


Keywords


Problem Based learning, model pembelajaran, berpikir tingkat tinggi

Full Text:

PDF

References


Format Template Artikel PPG Dalam Jabatan oleh Divisi Penjaminan Mutu Program Pengembangan Profesi Guru Universitas Negeri Makassar tahun 2021

Kurikulum 2013 SD Negeri 8 Wonogiri Tahun 2020

Riadi, Muchlisin. 2017. Model Pembelajaran Problem Based Learning. Diakses melalui https://www.kajianpustaka.com/2017/08/model-pembelajaran-problem-based-learning.html

Anjar. 2016. Pengertian, Ciri-Ciri, Langkah-Langkah dan Kelebihan serta Kekurangan Model Pembelajaran Problem Based Learning. https://www.wawasanpendidikan.com/2016/01/Pengertian-Ciri-Ciri-Langkah-Langkah-dan-Kelebihan-serta-Kekurangan-Model-Pembelajaran-Problem-Based-Learning.html


Article Metrics

Abstract view : 855 times | PDF view : 365 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Umi Azizah Fauzani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License