PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS V SD NEGERI 8 WONOGIRI
(1) SD Negeri 8 Wonogiri
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26023
Abstract
Penelitian ini dilatari oleh masalah yang terjadi dalam pembelajaran di kelas V SD, fokus masalah diuraikan sebagai berikut: bagaimana gambaran penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V SD Negeri 8 Wonogiri. Data awal yang didapat menunjukkan saat pembelajaran siswa kurang memperhatikan materi dari guru, 5 dari 14 siswa kurang memahami ciri – ciri pantun, dan kurangnya kemampuan dalam membedakan organ dan gangguan kesehatan peredaran darah pada manusia oleh 9 siswa dari 14 siswa. Data tersebut terjadi karena minat belajar siswa yang rendah, dan guru belum menggunakan model pembelajaran inovatif, penjelasan guru hanya monoton serta media kurang menarik. Maka untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas V dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Tujuan praktik mengajar yaitu meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 8 Wonogiri. Langkah kegiatan praktik mengajar meliputi Perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, test dan kajian dokumen, Teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada praktik mengajar 1 diperoleh data 70% Langkah model telah terlaksana dengan baik, dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa mencapai 60% dari jumlah siswa. Temuan penelitian menunjukkan model pembelajaran problem based learning secara bertahap dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V SD Negeri 8 Wonogiri. Kesimpulan penelitian bahwa model pembelajaran problem based learning yang dterapkan dengan baik dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Format Template Artikel PPG Dalam Jabatan oleh Divisi Penjaminan Mutu Program Pengembangan Profesi Guru Universitas Negeri Makassar tahun 2021
Kurikulum 2013 SD Negeri 8 Wonogiri Tahun 2020
Riadi, Muchlisin. 2017. Model Pembelajaran Problem Based Learning. Diakses melalui https://www.kajianpustaka.com/2017/08/model-pembelajaran-problem-based-learning.html
Anjar. 2016. Pengertian, Ciri-Ciri, Langkah-Langkah dan Kelebihan serta Kekurangan Model Pembelajaran Problem Based Learning. https://www.wawasanpendidikan.com/2016/01/Pengertian-Ciri-Ciri-Langkah-Langkah-dan-Kelebihan-serta-Kekurangan-Model-Pembelajaran-Problem-Based-Learning.html
Article Metrics
Abstract view : 855 times | PDF view : 365 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Umi Azizah Fauzani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: [email protected]
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License