Peningkatan Rasa Ingin Tahu Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas V UPT SDN 53 Malalin

Asrah Amir(1*),

(1) UPT SDN 53 Malalin
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26020

Abstract


Masalah dalam  penelitian ini adalah rendahnya rasa ingin tahu peserta didik kelas V. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan Penerepan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu peserta didik kelas V di UPT SDN 53 Malalin. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Setting penelitian dilakukan di kelas V UPT SDN 53 Malalin Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang. Subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas V dengan jumlah sebanyak 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perkembangan rasa ingin tahu peserta didik. Perkembangan tersebut dapat dilihat pada setiap siklus. Perkembangan dari pelaksanaan proses pembelajaran dari aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar peserta didik pada siklus I kualifikasi cukup menjadi kualifikasi baik pada siklus II sehingga standar keberhasilan rasa ingin tahu tercapai.

Keywords


PBL, Rasa Ingin Tahu

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hosnan, M. 2016. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Gaila Indonesia.

Ratumanan, 2015. Inovasi Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi Peserta Didik Secara Optimal. Yogyakarta. Ombak

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Subadar. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter(PPK) berbasis Hinger Thinking Skills (HOTS), Vol. 4 (1): 85

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Article Metrics

Abstract view : 155 times | PDF view : 71 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Asrah Amir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License