Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas V SDN Panyikkokang II

Novita Sari(1*),

(1) SDN Pannyikkokang II
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26018

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  peningkatan kemandirian belajar siswa melalui penerapan model Problem Based Learning pada di Kelas V SDN Panyikkokang II Kota Makassar. Penelitian dilakukan di kelas V SDN Panyikkokang II Kota Makassar 2020/2021 pada 16 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, dan observasi. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar peserta didik pada siklus I pertemuan I berada dalam kriteria cukup, demikian pula pada pertemuan II masih berada dalam kriteria cukup. Pada siklus II, kemandirian belajar peserta pada pertemuan I  dan II dengan kriteria baik.

Keywords


Problem Based Learning, Sikap Kemandirian

Full Text:

PDF PDF

References


Amir Taufik. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta : Prenada Media Group

Alben Ambarita. 2006. ManajemenPembelajaran. Jakarta: DepartemenPendidikan Nasional.

Murfiah U. 2017. Pembelajaran Terpadu Teori dan Praktik Terbaik di Sekolah. Bandung : Refika Aditama

Nurdyansyah & Fahyuni F. E. 2016. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo : Nizamia Learning Center

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.

Rajawali Press. Jakarta.

Sanjaya W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana

Sumarmo U. 2010. Kemandirian Belajar : Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. [Online]. Tersedia:http://math.sps.upi.edu/?p=61


Article Metrics

Abstract view : 375 times | PDF view : 432 times PDF view : 55 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Novita Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License