PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL POWER POINT DAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS V SDN KLAYUSIWALAN 02

Sri Sutrismi(1*),

(1) SD Negeri Klayusiwalan 02
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26016

Abstract


Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakaktifan siswa, kejenuhan siswa terhadap pembelajaran, dan respon siswa yang kurang terhadap materi pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media audio visual power point dengan menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Klayusiwalan 02, Kabupaten Pati. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, dimana fokus yang diteliti adalah media dan metode pembelajaran yang digunakan yaitu media audio visual berupa powerpoint dan video pembelajaran dan metode diskusi. Setting dan subjek penelitian dilakukan di ruang kelas V sebanyak 20 siswa di Sekolah Dasar Negeri Klayusiwalan 02. Pengelolaan data pada penelitian ini dilakukan setelah terkumpulnya data. Selanjutnya dianalisis secara deskriptif yaitu skor rata-rata yang diperoleh dari hasil tes tiap siklus, kemudian nilai tersebut dikelompokkan berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah. Melihat hasil observasi, penggunaan media audio visual dengan metode diskusi dapat membuat siswa lebihn aktif dalam pembelajaran. Penggunaan media audio visual dengan diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Klayusiwalan 02 Kecamatan Batangan Kabupaten Pati Jawa Tengah.


Keywords


Keaktifan, media audio visual, metode diskusi

Full Text:

PDF

References


Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Baca selengkapnya: https://www.psikologimultitalent.com/2015/10/metode-diskusi-dalam-pembelajaran.html Djamarah Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Lestari, Ria. 2011. PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI MELALUI PROGRAM

MICROSOFT POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR

MATEMATIKA SISWA (PTK di SMP Negeri 2 Jatirogo). Skripsi. Surakarta:

Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tersedia pada laman http://eprints.ums.ac.id/11608/1/Halmuk.pdf (20 Oktober 2020)

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Cetakan Ketigabelas). Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Kurikulum 2013 SDN Klayusiwalan 02 Tahun 2021

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar


Article Metrics

Abstract view : 90 times | PDF view : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 sri sutrismi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License