PENINGKTAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PBL SISWA KELAS IV UPT SPF SD NEGERI LARIANG BANGI 1 MAKASSAR

Melda Melda(1*),

(1) UPT SPF SD NEGERI LARIANG BANGI 1
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26013

Abstract


Rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran dan kurang perhatian siswa terhadap kegiatan pembelajaran disebabkan metode yang digunakan belum tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV  melalui model Problem based learning (PBL) pada UPT SPF SD Negeri Lariang Bangi 1 Makassar. Pada tahap pra tindakan, tahap tindakan dan tahap evaluasi. Sumber data dalam penelitian ini siswa kelas IV UPT SPF SD Negeri Lariang Bangi 1 Makassar yang berjumlah 20 siswa tahun ajaran 2020/2021 dan sampelnya ditetapkan semua populasi. Datanya adalah hasil tes awal, hasil tes akhir, hasil observasi, hasil catatan lapangan dan hasil wawancara. Teknik analisis data melalui tiga tahapan yaitu mereduksi data, menyajikan data menarik kesimpulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu data-data berupa uraian. Hasil penelitian, tes awal dalam penelitian ini memperoleh persentase (32%) pada pra siklus (76%) pada siklus I dan (100%) pada siklus II disimpulkan bahwa penerapan Problem based learning (PBL)dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV UPT SPF SD Negeri Lariang Bangi 1 Makassar pada materi berbagai pekerjaan.

Keywords


Hasil belajar, Problame based learning (PBL)

Full Text:

PDF

References


Agustin, V. N. 2013. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem based learning (PBL). Journal of Elementary Education, 2 (1).

Arikunto, Suharsimi, dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi : Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional. UU RI Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003. Bandung: Citra Umbara.

Fauziah, R. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Operasi Hitung Siswa SD (Doctoral dissertation. Universitas Pendidikan Indonesia).

Hartini, S. (2019). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Motif Berprestasi Peserta Didik: Studi di SDN Karangpucung 04 dan SDN Karangpucung 05 Kabupaten Cilacap. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 3(1), 71-76.

Kamarianto, K., Noviana, E., & Alpusari,M. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sd Negri001Kecamatan Sinaboi. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-12.

Kunandar. (2012). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Raja Grafindo Persada : Jakarta

RusmanTrianto. (2012). Model-model Pembelajaran, Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek, Prestasi Pustaka : Jakarta

Supriyanto, A., Hartini, S., Syamsudin, S., & Sutoyo, A. (2019). Indicators of professional competencies in research of Guidance and Counseling Teachers. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(1), 53-64.

Trianto. Wina Sanjaya. (2011). Model Pembelajaran Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.


Article Metrics

Abstract view : 90 times | PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Melda Melda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License