PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASIC LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 65 BUA

Ivon Dwigayatri(1*),

(1) SDN 65 Bua Kabupaten Luwu
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26012

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 65 Bua Kabupaten Luwu. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 65 Bua Kabupaten Luwu pada semester ganjil 2020/2021 yang berjumlah 16 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Pada siklus I menunjukkan nilai terendah 64 dan nilai tertinggi 80 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 69 dimana dan standar deviasinya 6,188. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan nilai terendah 69 dan nilai tertinggi 90 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 77 dan standar deviasinya 7,302. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 37,5% dan pada siklus II terjadi peningkatan yakni 87,5%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Basic Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords


Model Problem Basic Learning (PBL), Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Azharian. 2016 “Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Metode Demmonstrasi Pada Siswa Kelas V SDN 13 Meulaboh” Aceh Barat : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bina Bangsa. Skripsi

Arikunto, Suharsimi. dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusmono. 2012. Model-Model Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Amir, M Taufiq. 2013. Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Lickona, Thomas. 2013. Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mulyadi, M., & Amalia, Y. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Autograph Materi Bangun Ruang Sisi Datar (BRSD) Pada Siswa Kelas VIII MTS Swasta Kuala Kecamatan Kuala. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1).

Arikunto, Suharsimi, dan Cepi Safruddin Abdul Jafar. 2007. Evaluasi Program Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas


Article Metrics

Abstract view : 117 times | PDF view : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ivon Dwigayatri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License