PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS IV

Rachmiany Rachmiany(1*),

(1) UPT SPF SDI Borong Jambu III Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26010

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keterampilan menulis teks cerita fiksi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua  siklus. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SPF SDI Borong Jambu III Makassar. Tiap siklus terdiri atas empat tahap, yakni dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan terakhir pada tahap refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV UPT SPF SDI Borong Jambu III Makassar yang berjumlah 15 orang. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Analisis deskriptif kualitatif yang dimaksud dalam penelitian ini adalah membandingkan hasil penelitian siklus I dan siklus II. Hasil dari penelitian tersebut adalah hasil dari keterampilan menulis teks cerita fiksi siswa, pada siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II berada pada kategori baik sehingga berpengaruh pada peningkatan keterampilan menulis siswa kelas IV. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah hasil penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerita fiksi pada siswa kelas IV UPT SPF SDI Borong Jambu III Makassar.

 


Keywords


Keterampilan Berbicara, Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

Full Text:

PDF

References


Arif Rohman. 2011. Memahami Pendidikan Dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta : Laks Bang Mediatama

http://eprints.ums.ac.id/48407/1/BAB%201.pdf diakses tanggal 8 November 2021

http://eprints.ums.ac.id/8802/1/A510081026.pdf diakses tanggal 8 November 2021

https://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan diakses tanggal 9 November 2021

https://id.wikipedia.org/wiki/kurikulum diakses tanggal 9 November 2021

Kamdi, W. dkk. (2007). Model- model Pembelajaran Inovatif. Malang: Universitas Negeri Malang.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa


Article Metrics

Abstract view : 993 times | PDF view : 291 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rachmiany Rachmiany

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License