PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS IV
(1) UPT SPF SDI Borong Jambu III Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26010
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keterampilan menulis teks cerita fiksi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SPF SDI Borong Jambu III Makassar. Tiap siklus terdiri atas empat tahap, yakni dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan terakhir pada tahap refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV UPT SPF SDI Borong Jambu III Makassar yang berjumlah 15 orang. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Analisis deskriptif kualitatif yang dimaksud dalam penelitian ini adalah membandingkan hasil penelitian siklus I dan siklus II. Hasil dari penelitian tersebut adalah hasil dari keterampilan menulis teks cerita fiksi siswa, pada siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II berada pada kategori baik sehingga berpengaruh pada peningkatan keterampilan menulis siswa kelas IV. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah hasil penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerita fiksi pada siswa kelas IV UPT SPF SDI Borong Jambu III Makassar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arif Rohman. 2011. Memahami Pendidikan Dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta : Laks Bang Mediatama
http://eprints.ums.ac.id/48407/1/BAB%201.pdf diakses tanggal 8 November 2021
http://eprints.ums.ac.id/8802/1/A510081026.pdf diakses tanggal 8 November 2021
https://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan diakses tanggal 9 November 2021
https://id.wikipedia.org/wiki/kurikulum diakses tanggal 9 November 2021
Kamdi, W. dkk. (2007). Model- model Pembelajaran Inovatif. Malang: Universitas Negeri Malang.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Article Metrics
Abstract view : 993 times | PDF view : 291 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Rachmiany Rachmiany
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: [email protected]
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License