PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASIC LEARNING DI KELAS V UPT SD NEGERI BELAWA RAHMAT

Sumarti Sumarti(1*),

(1) UPT SD Negeri Belawa Rahmat
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26009

Abstract


Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran problem based learning di kelas V UPT SD Negeri Belawa Rahmat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 12 peserta didik yang terdiri dari 8 peserta didik laki-laki dan 4 peserta didik perempuan. Jenis penelitian ini dilakasanakan dengan dua siklus. Teknik pengumpulan data menggnakan observasi dan tes hasil belajar. Bentuk analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Penerapan model problem based learning menunjukan hasil di antaranya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V UPT SD Negeri Belawa Rahmat  terutama tema 1. Hal ini terbukti pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 66,83. Pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 85,50. Jumlah siswa yang mencapai batas tuntas pada siklus I sebanyak 5 peserta didik atau 41.67% sedangkan pada siklus II jumlah peserta didik yang mencapai batas tuntas sebanyak 11 peserta didik atau sebesar 91,67%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V UPT  SD Negeri Belawa Rahmat  pada pembelajaran tematik tahun ajaran 2021/2022 .


Keywords


Hasil belajar, problem based learning

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Asriningtyas, Nandhita, & Anugraheni. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. JKPM, 5(1), 23–32. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/jkpm.5.1.2018.23-32

Astari, F. A., Suroso, S., & Yustinus, Y. (2018). Efektifitas Penggunaan Model Discovery Learning Dan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 3 Sd. Jurnal Basicedu, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.20

Atmojo, S. E. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Kependidikan , 43(2), 134-143

Bungel, M. F. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Palu Pada Materi Prisma. Jurnal Elektronika Pendidikan Matematika Tadulako , 2(1), 47-53.

Dayeni, Fitri, Sri Irawati, And Yennita Yennita. 2017. “Upaya Meningkatkan MotVasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning.” Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi 1 (1): 28–35. Https://Doi.Org/10.33369/Diklabio.1.1.28-35.

Dewi, Sari, Sumarmi Sumarmi, And Ach Amirudin. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Keterampilan Sosial Siswa Kelas V Sdn Tangkil 01 Wlingi.” Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 1 (3): 281–88.

Duch. 1995. Pembelajaran Berbasis Masalah. Jakarta: Sejarah Indonesia.

Hanifah, N. (2016). Memahami Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: UPI Press.

Jahro, S., & Ridho, D. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning Menggunakan Media Exe Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kerjasama Siswa Pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Pendidikan Kimia, 7(3), 80–86. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpkim.v7i3.4261

Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru.

(Edisi Kedua). Jakarta: Rajawali Pers.

Sardiman, 2008. Motivasi dalam pendidikan. Jakarta: Raja Gravindo Persada

Suari, Ni, P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 241–247. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16138

Sudjana, N. 2008.. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, M. U. (2002). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Warsono, H. &. (2014). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 57 times | PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 sumarti sumarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License