PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT PADA SISWA KELAS VI SD

Fitri Ratna Wardani(1*),

(1) SD NEGERI MENGANTI
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26006

Abstract


Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang kurang  bersemangat, kurang berminat terhadap pembelajaran, peserta didik tidak fokus pada pembelajaran, guru masih mendominasi proses pembelajaran, sedangkan peserta didik masih nampak pasif, guru dalam mengajar kurang memanfaatkan media pembelajaran.Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran. Penggunaan media powerpoint dapat menjadikan  pembelajaran lebih menarik dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, juga dapat menjadikan materi yang seolah-olah kongkrit dan berada di depan peserta didik secara langsung. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi (mixed methode), yaitu mengkombinasikan antara kualitatif dan kuantitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek penelitian peserta didik kelas VI SD Negeri Menganti yang berjumlah 10 orang. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Perubahan tindakan yang dilakukan dalam penerapan media adalah media powerpoint monoton atau mati, disertai dengan gambar dan animasi, disertai dengan video, dan media powerpoint yang disertai dengan gambar, animasi, video dan peserta didik dapat berinteraksi. 2). Peningkatan rata-rata hasil belajar kognitif peserta didik pada siklus pertama, kedua, dan ketiga secara berturut-turut adalah sebagai berikut: 64,60; 69,60 dan 80,40. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar peserta didik dengan media Powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Media Powerpoint dan Hasil Belajar


Keywords


Media Pembelajaran, Media Powerpoint dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agus, Suprijono. (2012). Metode dan Model – Model Mengajar. Bandung :

Alfabeta. Alamul Huda. (2007). Panduan Praktis Microsoft Powerpoint 2007. Surabaya: Penerbit Indah.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S., Suhardjono., & Supardi (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ashar Arsyad. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Daryanto. (2010) . Media Pembelajaran Peranannya sangat penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang No. 20 tahun 2003. Jakarta: Departemen Pendidikan.

Majid. (2004). Pembelajaran Tema Sehat itu penting terpadu. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Muslich, M. (2011). Melaksanakan PTK itu mudah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2009). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Oemar Hamalik. (2001). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Riski Ilham (2004). Belajar Sendiri Langsung Praktek Microsoft Powerpoint 2002. Surabaya: Indah.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta. SE Smaldino (2011). Instructional Technology & Media For Learning Teknologi Pembelajaran & Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana.

Sianipar, Pandapotan (2008). Cara Mudah Menguasai Pinnacle Studio 11 Plus. Jakarta : PT Elex Media Komutindo.

Sobur, A. (2003). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Suyono dan Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran.Bandung: Remaja. Triyanto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tema Sehat itu penting. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wardhani, I. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Tanggerang: Universitas Terbuka.


Article Metrics

Abstract view : 1719 times | PDF view : 423 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fitri Ratna Wardani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License