Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V di UPTD SD Negeri Lumu

Saddam Husein(1*),

(1) UPTD SD Negeri Lumu Kab. Mamuju Tengah
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26005

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui mengkaji penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas V di UPTD SD Negeri Lumu.  Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V UPTD SDN Lumu yang berjumlah 16 orang tahun pelajaran 2021/2022 semester 1. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Pengelolaan data dilakukan setelah terkumpulnya data, selanjutnya dianalisis secara kualitatif. Sedangkan data hasil tes belajar dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang siklus air, yaitu: Mengingatkan kembali pengetahuan yang telah dipelajari sebelumnya sebagai pengetahuan prasyarat, penyajian materi diawali dengan mengkaitkan materi dengan lingkungan sekitar siswa, memperlihatkan siswa alat peraga berupa benda asli. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari setiap hasil evaluasi yang diperoleh siswa pada setiap siklus. Hasil tes siklus I, tes siklus II, dan  secara keseluruhan tes akhir penelitian. Selain itu, siswa menjadi terampil dalam menggunakan alat peraga sehingga tercipta rasa senang dalam belajarnya, siswa semakin berani mengajukan ide atau pendapat di dalam diskusi ataupun ditunjuk oleh guru, dan kerjasama siswa di dalam kelompok semakin baik.

Keywords


Model Pembelajaran Problem based learning, Hasil Belajar IPA

Full Text:

PDF

References


Barrett, Terry. (2011). New Approaches to Problem Based Learning. Dublin: University College Dublin.

Boud, David. (2010). Problem-based Learning in Education for the Professions. Higher Education Research and Development Society of Australia.

Fauzia, Hadist Awalia. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Vol.7 No.1

Handoko, Obaja Dwi., Henny, Dewi., Sri, Giarti. (2018). Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Journal for Lesson and Learning Studies. Vol.1 No.3

Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Nurhadi, dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam. KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Setyosari, P., & Sumarmi, S. 2017. Penerapan Model Problem Based Learning Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(9), 1188-1195.

Suprijono, Agus. (2012). Cooperative learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.


Article Metrics

Abstract view : 165 times | PDF view : 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Saddam Husein

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License