PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD INPRES PAKKINGKINGANG

Nurbia Nurbia(1*),

(1) SD Inpres Pakkingkingang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26004

Abstract


Penelitian ini dilatari oleh masalah yang terjadi dalam pembelajaran di kelas V SD, fokus masalah diuraikan sebagai berikut: bagaimana gambaran penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar IPA  siswa kelas V SD Inpres Pakkingkingang. Langkah penelitian disesuaikan dengan tahapan pelaksanaan penelitian PTK dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Inpres Pakkingkingang Kab. Gowa  pada semester genap 2020/2021. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, test dan kajian dokumen, Teknik analisis data deskriptif kualitatif.  Hasil  penelitian siklus I  diperoleh data 65% Langkah model telah terlaksana dengan baik, dan hasil belajar siswa mencapai 60% dari jumlah siswa. Pada hasil penelitian siklus II diperoleh data 75% Langkah model terlaksana dengan baik, dan 70% siswa telah meningkat hasil belajarnya. Pada hasil penelitian siklus III diperoleh data 90% langkah model terlaksana dengan baik, dan 80% siswa menunjukkan peningkatan hasil belajarnya­­. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning secara bertahap dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords


Model Pembelajaran, Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alwi, Hasan. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Aqib, Zainal. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rama Widya.

Cahyo, Agus N. 2013 Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta: DIVA Press.

Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegritas (Kurikulum 2013). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Penerapan model problem based learning pada pembelajaran materi sistem tata surya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 27-35.

Huda, Miftahul. 2015. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Indonesia, P. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Indonesia, P. R. (2006). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2006 Tentang Standar Isi.

Irawan, Prasetya. (1996). Beberapa Mode Tutorial. Jakarta: Komunika.

Isjoni. 2013. Cooperative Learning: Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Kadir, Abdul. "Menyusun dan menganalisis tes hasil belajar." Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 8.2 (2015): 70-81..

Novi, N. P., Suarjana, I. M., & Sudarmawan, G. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar


Article Metrics

Abstract view : 87 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nurbia Nurbia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License