PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI

Natalia Mayangsari(1*),

(1) SD Negeri Belawa Rahmat
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26003

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Belawa Rahmat. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V1 SDN Belawa Rahmat pada semester ganjil 2021/2022 yang berjumlah 9 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Kegiatan ini dilakukan dalam 2 siklus dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Pada siklus I menunjukkan nilai terendah 60 dan nilai tertinggi 78 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 65. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan nilai terendah 69 dan nilai tertinggi 85 dengan skor rata- rata hasil belajar siswa sebesar 77. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 37,5% dan pada siklus II terjadi peningkatan yakni 87,5%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Keywords


Model Pembelajaran Problem Basic Learning (PBL), Hasil Belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Asriningtyas, Nandhita, & Anugraheni. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. JKPM, 5(1), 23–32. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/jkpm.5.1.2018.23-32

Astari, F. A., Suroso, S., & Yustinus, Y. (2018). Efektifitas Penggunaan Model Discovery Learning Dan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 3 Sd. Jurnal Basicedu, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.20

Budiana, Sudana, & Suwatra. (2013). Pengaruh Model Creative Problem Solving ( CPS ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswapada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.816

Duch. 1995. Pembelajaran Berbasis Masalah. Jakarta: Sejarah Indonesia.

Jahro, S., & Ridho, D. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning Menggunakan Media Exe Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kerjasama Siswa Pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Pendidikan Kimia, 7(3), 80–86. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpkim.v7i3.4261

Riyanto, Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada

Rochmad, R., & Ulinnuha, R. (2020). Blended learning Menggunakan Gnomio untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 476–481. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37647

Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru.

(Edisi Kedua). Jakarta: Rajawali Pers.

Sardiman, 2008. Motivasi dalam pendidikan. Jakarta: Raja Gravindo Persada

Suari, Ni, P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 241–247. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16138

Sudjana, N. 2008.. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana

Prenada Media Group.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Wina, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer


Article Metrics

Abstract view : 409 times | PDF view : 95 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 natalia mayangsari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License