Penerapan Media Kartu Kata Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyusun Kalimat Dari Kata Acak di Kelas I UPT SD Negeri 256 Pinrang

Indrayani Indrayani(1*),

(1) UPT SD Negeri 256 Pinrang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26001

Abstract


Penelitian ini dilatari oleh masalah yang terjadi dalam pembelajaran kelas I SD, fokus masalah penelitian ini adalah ketika  guru di  dalam  kelas  mengajarkan materi menyusun kalimat yang tepat dari kata acak sering mengalami kendala dan siswa belum memahami serta membuat kalimat yang tepat, maka peneliti menggunakan media kartu kata dalam materi membuat kalimat. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh peningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun kalimat. Langkah penelitian disesuaikan dengan tahapan pelaksanaan penelitian PTK yang meliputi 4 (empat) tahapan yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I UPT SD Negeri 256 Pinrang dengan jumlah siswa 22 orang, 14 laki-laki dan 8 perempuan. Dari hasil penelitian siklus I kemampuan siswa dalam  menyusun  kalimat  ditunjukkan  dengan     skor  perolehan  70 %. Hasil penelitian pada siklus II untuk kemampuan siswa dalam menyusun kalimat dapat dilihat pada skor perolehan siswa yaitu 90 % atau mengalami peningkatan sebesar 20%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya penggunaan media kartu kata pada materi membuat kalimat dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun kalimat pada siswa kelas 1 UPT SD Negeri 256 Pinrang.

Keywords


Program Based Learning, PPL, Kata Acak, Media Kartu Kata

Full Text:

PDF

References


Kemmis, s. & McTaggart, R. (1983) The Action Research Planner. 3rd ed. Victoria, Australia: Deakin University.

Umar, Alimin. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Makassar : Badan Penerbit UNM.

Fitrianingsih. 2014. Peningkatan Kemampuan Siswa Menyusun Kalimat Melalui Teknik Acak Kata di Kelas II SDN Malangga Selatan Tolitoli. https://media.neliti.com/media/publications/122756-ID-peningkatan-kemampuan-siswa-menyusun-kal.pdf. Palu : Universitas Tadulako (diakses 9 Oktober 2021).

Siadari, Coki. 2018. Pengertian Kalimat Menurut Para Ahli. https://www.kumpulanpengertian.com/2018/11/pengertian-kalimat-menurut-para-ahli.html , ( diakses 11 Oktober 2021 ).

dok. Pengertian Media Kartu Kata. https://text-id.123dok.com/document/nq7ogrgoy-pengertian-media-kartu-kata-bergambar-kelebihan-dan-kelemahan-kartu-kata-bergambar.html , ( diakses 12 Oktober 2021 ).

Syarifah, Mushlihatun. 2017. Tahap Penelitian Tindakan Kelas. https://www.msyarifah.my.id/tahap-penelitian-tindakan-kelas-siklus-penelitian/ , (diakses 14 Oktober 2021).


Article Metrics

Abstract view : 550 times | PDF view : 135 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indrayani Indrayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License