PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI KELAS III

Hartina Hartina(1*),

(1) UPT SDN 60 Pinrang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26000

Abstract


Permasalahan dari penelitian ini adalah kurangnya keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui Model Problem Based Learning untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis  Peserta Didik di Kelas III UPT SDN 60 Pinrang tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan pada 9 siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi, dan tes dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perkembangan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui penerapan Model Problem Based Learning pada peserta didik kelas III UPT SDN 60 Pinrang, baik pada aktivitas guru dan peserta didik maupun observasi keterampilan berpikir kritis peserta didik. Hal itu dapat dilihat dari setiap siklus hasil observasi sikap peserta didik. Maka, peserta didik mengalami keterampilan berpikir kritis. Hasil observasi aktivitas peserta didik pada siklus I masih berada pada kategori cukup, pada siklus II berada pada kategori baik. Hasil observasi sikap siklus I masih berada pada kategori cukup, sedangkan pada hasil observasi sikap siklus II mengalami peningkatan dan berada pada kategori baik.


Keywords


Problem Based Learning, keterampilan berpikir kritis

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2014. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Cahyono, Wahyu. 2014. Seminar Pendidikan Highscope Indonesia (Online).

Fisher, A. (2008). Berpikir Kritis. Jakarta: Erlangga.

Khalik, Abdul. 2009. Modul Penelitian Tindakan Kelas. Makassar: Universitas Negeri Makassar

Mungzilina, Arista Khoirul dkk. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan tanggung jawab dan hasil belajar siswa kelas 2 SD. Salatiga: Jurnal Kajian Penelitan Pendidikan dan Pembelajaran.

Rakhmawati,Yanti dkk. 2013. Penerapan Model Pbl (Problem Based Learning) Dalam Peningkatan Berpikir Kritis Ipa Siswa Kelas V SD. Kebumen: PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret

Sanjaya, W. 2006.Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Article Metrics

Abstract view : 41 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hartina Hartina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License