GEMPOINT TINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SDN 1 GESING DI MASA PANDEMI

Rifniatun Rifniatun(1*),

(1) SD Negeri 1 Gesing
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.25999

Abstract


Pandemi yang melanda hampir semua negara di dunia, menimbulkan dampak luar biasa dalam berbagai aspek kehidupan, baik sosial, ekonomi maupun pendidikan. Akibatnya, pembelajaran menjadi terganggu. Kondisi tersebut terjadi pula di SDN 1 Gesing. Berbagai permasalahan muncul akibat sistem pembelajaran yang harus dilakukan secara daring. Mulai dari sarana belajar yang tidak memadai, paketan habis, dan tingkat partisipasi siswa yang rendah serta masalah lain yang harus segera diselesaikan. Proses pembelajaran  di kelas 4 selama ini menggunakan media whatsapp dengan fitur video call dan voice note ,ternyata siswa sering tidak aktif dalam kegiatan pembelajaran. Dari 10 siswa, yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan,  hanya 50 % siswa yang aktif mengerjakan tugas sehingga hasil belajar tidak optimal.Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, diterapkan proses pembelajaran dengan Gempoint dalam kegiatan belajar mengajar online. Dari implementasi teknik belajar online Gempoit ternyata mampu mendorong tingkat partisipasi  dan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran.Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya keaktifan siswa kelas 4 dalam pembelajaran. Dari yang semula hanya 50 % siswa yang aktif, setelah implementasi Gempoint dalam pembelajaran, keaktifan siswa meningkat menjadi 90%.

Keywords


Gempoint dan keaktifan belajar

Full Text:

PDF

References


American Psychological Association. (2010). Publication manual of the American Psychological Association (6 ed.). Washington, DC: Author.

Bransford, J. D., Brown, A. L., & Cocking, R. R. (2005). How people learn: Brain, mind, experience and school. from https://www.nap.edu/catalog/9853/how-people-learn-brain-mind-experience-and-school-expanded-edition.

Tobias, S., & Duffy, T. M. (Eds.). (2009). Constructivist instruction: Success or failure? New York, NY: Routledge.

Sahlberg, P. (2012). The most wanted: Teachers and teacher education in Finland. In L. Darling-Hammond & A. Lieberman (Eds.), Teacher education around the world: changing policies and practices. London: Routledge.

Schunk, D. H. (2012a). Learning theories an educational perspective. Boston, MA: Pearson Education, Inc.

Schunk, D. H. (2012b). Learning theories an educational perspective (E. Hamdiah & R. Fajar, Trans.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Original work published 2012).

Tabachnick, B. G., & Fidell, L. S. (2007). Using multivariate statistics (Fifth ed.). Needham Heights, MA: Allyn & Bacon.

Nurgiyantoro, B. & Efendi, A. (2017). Re-Actualization of Puppet Characters in Modern Indonesian Fictions of The 21st Century. 3L: The Southeast Asian Journal of English Language Studies. 23 (2), 141-153, from http://doi.org/10.17576/3L-2017-2302-11.

Retnowati, E., Fathoni, Y., & Chen, O. (2018). Mathematics Problem Solving Skill Acquisition: Learning by Problem Posing or by Problem Solving? Cakrawala Pendidikan, 37(1), 1-10, from doi: http://dx.doi.org/10.21831/cp.v37i1.18787.

Janssen, J., Kirschner, F., Erkens, G., Kirschner, P. A., & Paas, F. (2010). Making the black box of collaborative learning transparent: Combining process-oriented and cognitive load approaches. Educational Psychology Review, 22(2), 139-154. doi: 10.1007/s10648-010-9131-x.

Retnowati, E. (2012, 24-27 November). Learning mathematics collaboratively or individually. Paper presented at the The 2nd International Conference of STEM in Education, Beijing Normal University, China. Retrieved from http://stem2012.bnu.edu.cn/data/short%20paper/stem2012_88.pdf.

NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: Author.

Permendiknas 2009 No. 22, Kompetensi Dasar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sekolah Dasar Kelas I-VI.


Article Metrics

Abstract view : 110 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 RIFNIATUN RIFNIATUN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: jurnalpinisi01@gmail.com


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License