PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3 SD

Ali Ikhsan(1*), Latri Aras(2),

(1) SD 1 Barongan Kudus
(2) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.25997

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang terjadi dalam pembelajaran di kelas 3 SD, fokus masalah diuraikan sebagai berikut : Bagaimana penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 SD. Langkah penelitian disesuaikan dengan tahapan pelaksanaan penelitian PTK yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, pengumpulan data, dan refleksi. Hasil pelaksanaan dievaluasi dalam refleksi untuk menyusun rencana perbaikan yang dikuti pelaksanaan, observasi dan refleksi tahap berikutnya, sampai tiga siklus. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas 3 SD. Temuan penelitian menunjukkan model pembelajaran Problem Based Learning secara bertahap dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kesimpulan penelitian bahwa model pembelajaran Problem Based Learning yang diterapkan dengan baik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 SD.

Keywords


Problem Based learning, model pembelajaran, hasil belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Abbas., & Arends. (2000). Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) dalam pembelajaran matematika di SMU. [online] tersedia : http://www.depdiknas.go.id/jurnal/51/040429%20ed20%nurhayatipenerapan%20%model%20pembelajaran.pdf”.

Arikunto, S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kurino, Yeni Dwi. (2020). Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia Volume 3 No 1 : 152

Mulyasa, E. (2012). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta

Sanjaya, W. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:

Sudijono, A. (2005). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Soejoto, A., Fitrayati, D., Ghofur, M. A., Sholikhah, N., & Prakoso, A. F. (2017). Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jurnal ABDI, 2(2), 51–59. https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.p51-59


Article Metrics

Abstract view : 2916 times | PDF view : 661 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 ali ikhsan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License