IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS TPACK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR TEMATIK SISWA SD
(1) SDN 009 RATTE
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.25996
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Pendekatan TPACK Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SDN 006 Tabone . Penelitian ini dilatar belakangi oleh skor minat belajar siswa tergolong dalam kriteria rendah (skor 66,84 sebayak 68% dari 23 Siswa). Hasil tes prestasi belajar tematik juga masih kurang memuaskan, Siswa tuntas KKM (70) hanya 65% dari 23 Siswa . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil siklus pertama menunjukkan persentase siswa yang tuntas dalam tes prestasi belajar meningkat menjadi 73,9%. Demikian juga dengan minat belajar juga meningkat ke kategori Baik yaitu 78,25%. Selanjutnya, di siklus 2 minat belajar kembali meningkat ke kategori baik 91,3 %. Demikian juga dengan persentase siswa yang tuntas dalam prestasi belajar meningkat menjadi 95,64%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amir, M. Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Antrock, J. W. (2011). Educational Psychology, Diana Angelica. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.
Cox, S., & Graham, C. R. (2009). “Diagramming TPACK in practice: using and elaborated model of the TPACK framework to analyze and depict teacher knowledge”. TechTrends, 53(5), 60–69. Dari http://ipt287f09s2.pbworks.com/f/ Using+an+Elaborated+Model+of+ TPACK+framework.pdf
Gunantara,Gd, Md Suarjana, dan Pt. Nanci Riastini. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2, No. 1
Koehler, M. & Mishra, P. 2009. What is technological pedagogical content knowledge (TPACK)? Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 9(1), 60–70. Dari https://www.researchgate. net/publication/241616400_What_ Is_Technological_Pedagogical_ Content_Knowledge/download
Muhson, Ali. 2009. Peningkatan Minat Belajar Dan Pemahaman Mahasiswa Melalui Penerapan Problem Based Learning. Jurnal Kependidikan. Vol. 39, No. 2, Hal. 171-182.
M.J. Koehler et al. 2014. The Technological Pedagogical Content Knowledge Framework. 9, 101-111. Dari https://www.punyamishra. com/wp-content/uploads/2013/08/
Nurhayati & Nana Mardiana Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi Volume 4 (2) Januari 2021 Copyright ©2020 STKIP Setiabudhi ISSN: 2580-9466 (Print) / ISSN: 2621-4997 (Online) Available at: https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpd
Article Metrics
Abstract view : 3095 times | PDF view : 964 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Muhammad Syahril
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: jurnalpinisi01@gmail.com
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License