PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN MEDIA TABEL HURUF PADA SISWA KELAS I SD
(1) UPT SPF SDN BATULACCU
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.25995
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakaktifan siswa, dan respon siswa yang kurang terhadap materi pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media tabel huruf dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran siswa kelas I UPT SPF SDN Batulaccu Kota Makassar. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, dimana fokus yang diteliti adalah media pembelajaran yang digunakan yaitu media tabel huruf. Setting dan subjek penelitian dilakukan di ruang kelas I sebanyak 8 orang siswa di UPT SPF SDN Batulaccu. Pengelolaan data pada penelitian ini dilakukan setelah terkumpulnya data. Selanjutnya dianalisis secara deskriptif yaitu skor rata-rata yang diperoleh dari hasil tes tiap siklus, kemudian nilai tersebut dikelompokkan berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah. Melihat hasil observasi, penggunaan media tabel huruf dapat membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran dan lebih mudah mengerti dan memahami materi yang disampaikan oleh guru. Penggunaan media tabel huruf dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I UPT SPF SDN Batulaccu
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kurikulum 2013 UPT SPF SDN Batulaccu Tahun 2021
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Sanjaya Wina, 2009, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Kencana
Article Metrics
Abstract view : 44 times | PDF view : 15 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Mutiara Mutiara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: [email protected]
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License