PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Darnani Najib(1*),

(1) SDN Mekar Tikke
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.25993

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Inpres 046 Sidorejo. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Inpres 046 Sidorejo, Kab. Polewali Mandar pada semester genap 2021/2022 yang berjumlah 10 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Pada siklus I menunjukkan nilai terendah 50 dan nilai tertinggi 80 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 65,42. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan nilai terendah 60 dan nilai tertinggi 85 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 78,25. dan pada siklus III menunjukkan nilai terendah 60 dan nilai tertinggi 100 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 84,32. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I, II, dan siklus III terjadi peningkatan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Hasil  Belajar siswa


Keywords


Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Hanifah, N. (2016). Memahami Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: UPI Press.

Kuantar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Grafindo Persada.

Masidjo.(1995). Penelitian Pencapaian Hasil Belajar Siswa diSekolah.Yogjakarta: Penerbit Kanisius.

M. Taufik Amir. (2011) Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta : Kencana 2009.

Rusman. (2011). Model-model pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindopersada Sanjaya, Wina.(2004). Strategi Pembelajaran saintifik Untuk Implementasi Kurikulum. Jakarta : Kencana.

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru . Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. (2004) Prosedur Penelitian. Jakarta : Raineka Cipta. Suharsimi Arikunto. (2006) Prosedur Penelitian Suatun Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.


Article Metrics

Abstract view : 382 times | PDF view : 97 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 darnani najib

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: jurnalpinisi01@gmail.com


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License