PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V

Lina Karlina Safarina(1*),

(1) SDN Sindangrahayu
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.25991

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi memelihara kesehatan organ pernapasan manusia. Kenyataan di lapangan, dalam pembelajaran pada materi memelihara kesehatan organ pernapasan manusia tidak menggunakan model pembelajaran yang sesuai yang mengakibatkan rendahnya pemahaman dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Sindangrahayu Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek penelitian siswa kelas V SDN Sindangrahayu yang berjumlah 10 orang. Penulis menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas dengan instrumen penelitian menggunakan menggunakan tes (uraian) dan non tes (observasi). Rerata pre test hanya 40%. Setelah dilaksanakan siklus I dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning, rerata hasil evaluasi siswa menjadi 60% . Kemudian dilaksanakan siklus II rerata hasil evaluasi siswa menjadi 80%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi memelihara kesehatan organ pernapasan manusia di kelas V SDN Sindangrahayu Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya.

Keywords


Problem Based Learning, Hasil belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Amir, T. (2015). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenadamedia.

Arends, R.I (2008). Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S., Suhardjono., dan Supardi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Djojosoediro, Wasih. Hakikat IPA dan Pembelajaran IPA SD, Pdf. Diakses pada tanggal 24 November 2021.

Edusentris. 2015. Keefektifan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Vol. 2 No 1. Semarang: Universitas PGRI

Eggen dan Kauchak. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: Indeks.

Hasbullah, (2008). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Kuswana, W.S (2014). Taksonomi Kognitif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, (2012). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rusman, (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: IKAPI.

Surya, M. (2015). Strategi Kognitif dalam Proses Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Suyono dan Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Surabaya: Remaja Rosda Karya.

Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.


Article Metrics

Abstract view : 339 times | PDF view : 81 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Lina Karlina Safarina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License