PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI POWER POINT INTERAKTIF KELAS TIGA SD NEGERI 2 SAMBIRATA

Sudiono Sudiono(1*),

(1) SD Negeri 2 Sambirata
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.25989

Abstract


PTK ini dilatarbelakangi rendahnya motivasi dan prestasi belajar siswa dimasa pandemi covid 19 pada mata pelajaran IPA materi ciri-ciri makhluk hidup khususnya. Berdasar latar belakang dan analisis yang dilakukan, maka fokus masalah di tujukan pada penggunaan media power point interaktif apakah mampu meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi ciri-ciri makhluk hidup di kelas 3 SD Negeri 2 Sambirata Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Dimana dalam Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan kurang lebih selama 31 hari dimulai tanggal 1 Juli 2021 sampai dengan 14 Agustus 2021 menggunakan model pembelajaran kooperatif learning selama 2 Siklus, penelitian ini dimulai dari planning, acting, observing dan reflecting pada setiap siklus. Obyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 SD Negeri 2 Sambirata yang terdiri dari 14 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media power point interaktif terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal tersebut ditunjukkan dengan prosentase keberhasilan yang terus meningkat dari Siklus I dan Siklus II

Keywords


power point interaktif, ciri-ciri makhluk hidup, kelas tiga

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana Prenada Grup.


Article Metrics

Abstract view : 130 times | PDF view : 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sudiono Sudiono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License