Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Pada Tema Perpindahan dan Panas Di Kelas V

Yunus Yunus(1*),

(1) UPT SD Negeri 170 Putemata
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.25988

Abstract


Permasalahan dari penelitian ini adalah kurangnya kemandirian belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirin belaja siswa pada tema panas dan perpindahan dengan menerapan model PBL kelas V UPT SD Negeri 170 Putemata Kabupaten Luwu Utara tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan pada 30 siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemandirian siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada setiap siklus. hasil siklus I sikap kemandirian siswa berada pada persentase 66 % dengan kategori cukup, sedangkan siklus II persentase meningkat menjadi 89% dengan kategori baik.


Keywords


Problem Based Learning, sikap kemandirian, tema 6

Full Text:

PDF

References


Alben Ambarita. 2006. Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Amir Taufik. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta : Prenada Media Group

Fitriono Yuli. 2015. Model PBL dengan Pendekatan PMRI Berpenilaian serupa PISA untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4 (1), 57.

Murfiah U. 2017. Pembelajaran Terpadu Teori dan Praktik Terbaik di Sekolah. Bandung : Refika Aditama

Sanjaya W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana


Article Metrics

Abstract view : 763 times | PDF view : 187 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yunus Yunus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License