PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DALAM MENANGANI PERMASALAHAN SISWA DI SMP NEGERI 2 BULUKUMBA
Mujnah Mujnah
(1*),
(1) SMP NEGERI 2 BULUKUMBA
(*) Corresponding Author
DOI:
https://doi.org/10.26858/tpj.v2i2.25604
Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimana gambaran permasalahan yang dialami siswa, (2) bagaimana gambaran pelaksanaan layanan bimbingan konseling di SMP Negeri 2 Bulukumba, dan (3) bagaimana gambaran pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling Dalam Menangani Permasalahan Siswa di SMP Negeri 2 Bulukumba Tujuan penelitian : (1) untuk mengetahui gambaran permasalahan yang dialami siswa, (2) untuk mengetahui gambaran pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling Dalam Menangani Permasalahan Siswa di SMP Negeri 2 Bulukumba, dan (3) untuk mengetahui bagaimana gambaran pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling Dalam Menangani Permasalahan Siswa di SMP Negeri 2 Bulukumba. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Unit anlisis 3 siswa sebagai informan, kepala sekolah, guru pembimbing, guru mata pelajaran dan pengumpulan data dengan observasi,wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan anlisis kualitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa : 1) permasalahan yang dialami siswa berupa : (a) masalah belajar (kesulitan belajar, dan sikap, serta kebiasaan belajar di kelas), (b) masalah social (konflik antara siswa dan kemampuan penyesuaian social siswa), 2) Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling Dalam Menangani Permasalahan Siswa di SMP Negeri 2 Bulukumba secara keseluruhan telah dilaksanakan dengan bentuk-bentuk materi seperti : layanan orientasi dengan materi peraturan dan tat tertib sekolah, serta pengembangan sikap dan kebiasaan belajar yang baik secara individual maupun kelompok. Layanan penempatan dan penyaluran materinya seperti kegiatan ekstrakurikuler, dan 3) Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling Dalam Menangani Permasalahan Siswa di SMP Negeri 2 Bulukumbacukup baik karena semua bentuk layanan sudah dapat memecahkan masalah-masalah yang dihadapi siswa serta hasilnya juga dapat dirasakan oleh siswa cukup bermanfaat
Keywords
layanan, bimbingan, konseling, siswa, SMP
References
Ahmadi, A. dan Rohani A. 1991. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.
Ali, M. 1990. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Modern. Jakarta : Pustaka Amani.
Gunarsa, S. D. 2000. Psikologi untuk Membimbing. Jakarta : Gunung Mulia.
Mappiare, A. 1994. Pengantar Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Surabaya : Usaha Nasional.
Moleong, L. J. 1998. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Muhammad, Hamid. 2004. Pedoman Pelaksanaan Pelayanan Bimbingan Konseling. Jakarta : Depatemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Prayitno & Erman Amti. 1999. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Rineka Cipta.
Prayitno. 2001. Panduan Kegiatan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.
Siswanto, B. 1990. Manajeman Modern, Konsep dan Aplikasi. Bandung : Sinar Baru.
Sucipto, (Eds). 1996. Profesi Keguruan. Diklat. Ujungpandang : FIP IKIP.
Sukardi, D. K. 1984. Organisasi Administrasi Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Surabaya : Usaha Nasional.
Umar, M. dan Sartono. 1998. Bimbingan dan Penyuluhan. Bandung : Pustaka Setia.
Article Metrics
Abstract
view : 148 times |
PDF view :
49 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Mujnah Mujnah
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: [email protected]
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License