PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DALAM MENANGANI PERMASALAHAN SISWA DI SMP NEGERI 2 BULUKUMBA

Mujnah Mujnah(1*),

(1) SMP NEGERI 2 BULUKUMBA
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i2.25604

Abstract


Masalah utama dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimana gambaran permasalahan yang dialami siswa, (2) bagaimana gambaran pelaksanaan layanan bimbingan konseling di SMP Negeri  2 Bulukumba, dan (3) bagaimana gambaran pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling Dalam Menangani Permasalahan Siswa di SMP Negeri  2 Bulukumba Tujuan penelitian : (1) untuk mengetahui gambaran permasalahan yang dialami siswa, (2) untuk mengetahui gambaran pelaksanaan  Layanan Bimbingan Konseling Dalam Menangani Permasalahan Siswa di SMP  Negeri   2 Bulukumba, dan (3) untuk mengetahui bagaimana gambaran pelaksanaan  Layanan Bimbingan Konseling Dalam Menangani Permasalahan Siswa di SMP  Negeri  2 Bulukumba. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Unit anlisis 3 siswa sebagai informan, kepala sekolah, guru pembimbing, guru mata pelajaran dan pengumpulan data dengan observasi,wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan anlisis kualitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa : 1) permasalahan yang dialami siswa berupa : (a) masalah belajar (kesulitan belajar, dan sikap, serta kebiasaan belajar di kelas), (b) masalah social (konflik antara siswa dan kemampuan penyesuaian social siswa), 2) Pelaksanaan  Layanan Bimbingan Konseling Dalam Menangani Permasalahan Siswa di SMP  Negeri   2 Bulukumba secara keseluruhan telah dilaksanakan dengan bentuk-bentuk materi seperti : layanan orientasi dengan materi peraturan dan tat tertib sekolah, serta pengembangan sikap dan kebiasaan belajar yang baik secara individual maupun kelompok. Layanan penempatan dan penyaluran materinya seperti kegiatan ekstrakurikuler, dan 3) Pelaksanaan  Layanan Bimbingan Konseling Dalam Menangani Permasalahan Siswa di SMP  Negeri   2 Bulukumbacukup baik karena semua bentuk layanan sudah dapat memecahkan masalah-masalah yang dihadapi siswa serta hasilnya juga dapat dirasakan oleh siswa cukup bermanfaat

Keywords


layanan, bimbingan, konseling, siswa, SMP

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. dan Rohani A. 1991. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.

Ali, M. 1990. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Modern. Jakarta : Pustaka Amani.

Gunarsa, S. D. 2000. Psikologi untuk Membimbing. Jakarta : Gunung Mulia.

Mappiare, A. 1994. Pengantar Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Surabaya : Usaha Nasional.

Moleong, L. J. 1998. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Muhammad, Hamid. 2004. Pedoman Pelaksanaan Pelayanan Bimbingan Konseling. Jakarta : Depatemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Prayitno & Erman Amti. 1999. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Rineka Cipta.

Prayitno. 2001. Panduan Kegiatan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.

Siswanto, B. 1990. Manajeman Modern, Konsep dan Aplikasi. Bandung : Sinar Baru.

Sucipto, (Eds). 1996. Profesi Keguruan. Diklat. Ujungpandang : FIP IKIP.

Sukardi, D. K. 1984. Organisasi Administrasi Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Surabaya : Usaha Nasional.

Umar, M. dan Sartono. 1998. Bimbingan dan Penyuluhan. Bandung : Pustaka Setia.


Article Metrics

Abstract view : 148 times | PDF view : 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mujnah Mujnah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License