PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL POWER POINT DENGAN METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS VI SDN SUMBERJAYA III TEMPURAN KARAWANG

Krisna Mahesa Agustine(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.25486

Abstract


Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakaktifan siswa, dan respon siswa yang kurang terhadap materi pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media audio visual power point dengan menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran siswa kelas VI SDN Sumberjaya 3, Kabupaten Karawang. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, dimana fokus yang diteliti adalah media dan metode pembelajaran yang digunakan yaitu media audio visual dan metode diskusi. Setting dan subjek penelitian dilakukan di ruang kelas VI sebanyak 12 orang siswa di SDN Sumberjaya 3. Pengelolaan data pada penelitian ini dilakukan setelah terkumpulnya data. Selanjutnya dianalisis secara deskriptif yaitu skor rata-rata yang diperoleh dari hasil tes tiap siklus, kemudian nilai tersebut dikelompokkan berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah. Melihat hasil observasi, penggunaan media audio visual dengan metode diskusi dapat membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran dan lebih mudah mengerti dan memahami materi yang disampaikan oleh guru.. Penggunaan media audio visual dengan diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Sumberjaya 3

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 73 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 krisna mahesa agustine

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License