PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIIA3 SMP ISLAM TERPADU WAHDAH ISLAMIYAH MELALUI PEMBELAJARAN DARING MODEL PROBLEM BASED LEARNING PENDEKATAN TPACK

Nasrul Nasrul(1*),

(1) SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i2.25104

Abstract


Dalam pembelajaran IPA Terpadu Materi Sistem Gerak pada manusia masih banyak siswa yang menunjukkan hasil belajar yang kurang, terlihat dari Hasil Ulangan Harian yang mayoritas dibawah KKM. Oleh karena itu perlu suatu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa tersebut yaitu melalui implementasi Model Problem Based Learning dengan pendekatan TPACK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah dalam menyelesaikan soal-soal pada materi pokok Sistem Gerak Pada Manusia melalui implementasi Model Problem Based Learning. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIIA3 SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah. Data yang dikumpulkan meliputi hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus meliputi 4(empat) tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila sekurang-kurangnya 85% siswa memperoleh nilai ≥ 78. Hasil penelitian menunjukkan: Ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 13,33% dengan nilai rata-rata 44,00 .Pada siklus II sebesar 86,67 % dengan nilai rata-rata 81,67 dan Pada siklus III sebesar 96,67% dengan nilai rata-rata 86,77. Dari data tersebut di atas jelas menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar belum sesuai harapan yang berarti indikator keberhasilan belum tereapai sedangkan pada siklus II dan III hasil belajar sudah sesuai harapan yang berarti indikator keberhasilan sudah tercapai

Keywords


Hasil Belajar, Problem Based Learning, TPACK

Full Text:

PDF

References


Banawi, Asmin. 2019. Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Sintaks Discovery/Inquiry Learning, Based Learning, Project Based Learning. Jurnal Biology Science & Education 2019.

Nasrul. 2021. Laporan Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Angkatan 1, SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah. Makassar: PRODI PPG UNM.

Nenaressa Kerling, Dea. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Edmodo Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Animasi Kelas XI MM 1 SMK Negeri 1 Trenggalek Tahun Pelajaran 2020/2021.

Novita Wati, Tayik & Nafiah. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Tpack Pada Siswa Kelas V UPT SD Negeri Jambepawon 02 Blitar. National Conference For Ummah, Published 30 December 2020.

Pujriyanto. 2019. Peran Guru dalam Pembelajaran Abad 21. Tim Pengembang Subtansi PPG Pedagogik.

Widi wisudawati, Asih & Sulistyowati, Eka. (2013). Metodologi Pembelajaran IPA. Yogyakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 306 times | PDF view : 87 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nasrul Nasrul

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License