PENANGANAN MASALAH DALAM PROSES PEMBELAJARAN TEKNOLOGI LAYANAN JARINGAN

Aan Pursanto(1*),

(1) PPG Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i2.25103

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membuktikan dan menganalisis suatu keberhasilan seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran sehingga akan diperoleh pembelajaran yang interaktif. Pembelajaran interaktif yaitu suatu cara atau teknik pembelajaran yang digunakan guru pada saat menyajikan bahan pelajaran, guru sebagai pemeran utama dalam menciptakan situasi interaktif yang edukatif, yaitu interaksi antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa dan dengan sumber pembelajaran dalam menunjang tercapainya tujuan belajar. Sehingga dengan pembelajaran interaktif maka akan muncul 4C dalam proses pembelajaran yaitu Communication, Collaboration, Critical Thinking, dan Creativity. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode survei dengan teknik observasi. Dari penelitian diperoleh hasil: 1) Siswa kurang memperhatikan guru pada saat menyampaikan pelajaran. 2) Siswa tidak fokus dalam mengikuti pelajaran. 3) Siswa tertidur pada saat pembelajaran 4) Siswa kesulitan dalam memahami materi praktikum. 5) Tidak semua siswa bisa melakukan pembelajaran daring

Keywords


Guru, Pembelajaran, 4C.

Full Text:

PDF

References


Faiz, Fahrudin. (2012). Thinking Skills Pengantar Menuju Berpikir Kritis. Yogyakarta: Suka Press.

Wedhaswary, I. D. (2012). Kualitas Guru Masih Rendah. Jakarta: Kompas edisi Rabu, 7 Maret 2012.

Rohmalina Wahab.(2016). Psikologi Belajar, (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, h. 179)

Ali Muhammad.(2004). Guru dalam Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Sinar Baru Algesindo, h. 65)

Fisher, Alec. (2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta.: Erlangga.

Koeswara, E. (1991). Teori-teori Kpribadian, Bandung: PT. Eresco.

Permendikbud 2015 No. 103, Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.


Article Metrics

Abstract view : 90 times | PDF view : 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aan Pursanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License