MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK ANAK USIA DINI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DI TK MIFTAHUL FALAH

Reni Royati(1*),

(1) PPG Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i2.25100

Abstract


Kemampuan motorik pada anak usia dini merupakan salah satu aspek yang penting dimiliki oleh anak. Anak yang memiliki keterampilan motorik yang baik akan bermanfaat bagi dirinya untuk mempelajari hal-hal baru yang sangat bermanfaat dalam melakukan proses pembelajaran. Penulis melakukan pengamatan pada saat kegiatan PPL kepada anak di TK Miftahul falah, menemukan bahwa kemampuan motorik anak masih rendah. Serta dalam pelaksanaan pembelajaran, anak cenderung pasif. Maka upaya yang dilakukan yaitu dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik anak usia dini. Penerapan Model pembelajran project based learning yang bermuatan STEAM yang berorientasi pada HOTS (high order thinking skill) akan mampu melatih kemampuan motorik anak. Penerapan model pembelajaran project based learning pada saat kegiatan PPL di TK Miftahul Falah, penulis menggunakan metode demonstrasi, yaitu dengan melakukan kegiatan membuat mobil-mobilan dari barang bekas dan membuat hiasan pada mobil-mobilan tersebut. pada saat kegiatan, anak terlihat aktif dalam melakukan kegiatan serta aktif berkolaborasi dengan teman-temannya. Setelah penulis menerapkan model pembelajaran Project based Learning anak lebih aktif, kreatif, dan kolaboratif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Sehingga tujuan dari indikator perkembangan anak tercapai dengan hasil yang baik


Keywords


project based learning, motorik anak, HOTS

Full Text:

PDF

References


Suratno. 2005. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta : Depdiknas

Montolalu, B.E.F. 2009. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta : Universitas Terbuka.

Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung : PT. Refika aditama

Warsono, dan Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 482 times | PDF view : 162 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Reni Royati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License