PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA PELAJARAN SBDP KELAS 1 SD

Ilyanti Hasirah Nurgas(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i2.25078

Abstract


Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dalam pembelajaran dipengaruhi oleh kemampuan berpikir siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan untuk mendeskripsikan kreativitas siswa pada mata pelajaran SBdP. Penelitian dilakukan di kelas 1 SD Negeri Baraya I Kota Makassar 2020/2021 pada 15 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Penelitian dilakukan dalam tiga tahap yaitu diawali dengan mengecek segala dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian, selanjutnya melakukan observasi selama pembelajaran berlangsung, dan dilanjutkan dengan melakukan wawancara. Hasil dari penelitian pada siklus I pertemuan I berada pada kategori cukup (C), pertemuan II berada pada kategori cukup (C), sedangkan data aktivitas mengajar pada siklus II pertemuan I kategori baik (B), pertemuan II kategori baik (B).Sedangkan aktivitas belajar siswa siklus I di pertemuan I berada pada kategori cukup, lalu dilanjutkan ke siklus II pada pertemuan I masih dalam kategori cukup tapi nilainya sudah meningkat. Pada pertemuan II sudah termasuk dalam kategori baik.

Keywords


Pendekatan saintifik kreatifitas siswa, SBdP

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Creswell, J. (2015). Riset Pendidikan Perencanaan Pelaksanaan dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif, Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Gall, M. D., Gall, W.P., & Bong, W. R. (2003). Educational Research: an Introduction (Seventh Edition). New York: Pearson Education, Inc.

Hamalik, Oemar. 2003. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Munandar, U. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Robiah, A., S. 2014. Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya dengan Pendekatan Saintifik di Kelas IV A SD Negeri Jetisharjo Yogyakarta.

Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Rondhi, M. 2017. Apresiasi Seni dalam Konteks Pendidikan Seni.Jurnal Imajinasi,XL(1): 10-18.


Article Metrics

Abstract view : 189 times | PDF view : 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ilyanti Hasirah Nurgas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License