PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PENGAMALAN SILA-SILA PANCASILA KEPADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Sopia Sopia(1*),

(1) SD Negeri 31 Salotellue
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i2.25069

Abstract


Penelitian ini dilatari oleh masalah yang terjadi dalam pembelajaran di kelas IV SD, fokus masalah diuraikan sebagai berikut: bagaimana gambaran penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan pemahaman terhadap materi  penerapan nilai-nilai dalam sila Pancasila pada siswa kelas IV SD. Langkah penelitian disesuaikan dengan tahapan pelaksanaan penelitian PTK yang meliputi Perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, test dan kajian dokumen, Teknik analisis data deskriptif kualitatif.  Hasil  penelitian pada siklus 1  diperoleh data 75% Langkah model telah terlaksana dengan baik, dan pemahaman siswa terhadap materi pengamalan sila-sila pancasila siswa mencapai 67% dari jumlah siswa. Hasil penelitian siklus 2 diperoleh data 85% Langkah model terlaksana dengan baik, dan 93% siswa telah memahami materi pengamalan sila-sila pancasila. Temuan penelitian menunjukkan model pembelajaran problem based learning secara bertahap dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pengamalan sila-sila pancasila siswa kelas IV SD. Kesimpulan penelitian bahwa model pembelajaran problem based learning yang dterapkan dengan baik dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap

Keywords


Problem Based learning, model pembelajaran, Pengamalan Sila-Sila Pancasila

Full Text:

PDF

References


Amir, M Taufiq. 2013. Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Lickona, Thomas. 2013. Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mulyadi, M., & Amalia, Y. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Autograph Materi Bangun Ruang Sisi Datar (BRSD) Pada Siswa Kelas VIII MTS Swasta Kuala Kecamatan Kuala. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1).

Mulyadi. M, Fahreza. F, Julianda. R (2018). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Langung. Visipena Journal, 9(1)

Mustari, Mohamad. 2014. Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Rusmono. 2014. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor

: Penerbit Ghalia Indone Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Menteri Pendidikan Nasional. Diakses pada tanggal 05 Maret 2016. http://bsnpindonesia.org/id/wpcontent/upl oads/isi/Permen_22_2006.pdf.


Article Metrics

Abstract view : 1896 times | PDF view : 586 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sopia Sopia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License