PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN INFORMATIKA SMA NEGERI 2 SUNGAI AMBAWANG

Yuda Suherman(1*),

(1) SMAN 2 Sungai Ambawang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i2.25066

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi adanya masalah bahwa hasil belajar pada mata pelajaran Informatika masih rendah, yang dibuktikan dengan wawancara dan Observasi serta penilaian evaluasi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Informatika siswa kelas X SMA Negeri 2 Sungai Ambawang. Penelitian ini mengunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas. Populasi Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Sungai Ambawang sebanyak 144 siswa. Sampel Penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 2. Kelas X MIA2 sebagai kelompok eksperimen, data pada masing-masing kelas dengan mengunakan pre test dan post tes berupa soal pilihan ganda kemudian hasilnya dianalisa. Hasil Penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran Informatika SMA Negeri 2 Sungai Ambawang. Model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran Informatika.

Keywords


Model Pembelajaran, Model Pembelajaran Problem Based Learning, hasil belajar, Informatika

Full Text:

PDF

References


Darmawan. 2010. Penggunaan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia.

Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial ( Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Gaung Persada.

Iskandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Gaung Persada. Jakarta.

Jauhar, M. 2011. Implementasi Paikem dari Behavioristik sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sudijono, A. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grasindo.

Sulistiani, E., dan Masrukan. 2016. Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang, 605-612.

Tamarli. 2017. Penggunaan Media Gambar dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran PPKn Materi Hak Azasi Manusia Kelas XI-2 SMA Negeri Suka Makmur Aceh Besar. Jurnal Serambi Ilmu, 18(1): 33-40

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.


Article Metrics

Abstract view : 1048 times | PDF view : 333 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yuda Suherman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License