MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN KOLASE DENGAN BIJI–BIJIAN PADA KELOMPOK B TK IT UMMUL MU’MININ MAKASSAR

Hasnawati Hasnawati(1*),

(1) PAUD TK IT Ummul Mu’minin
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i2.25064

Abstract


Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiapakahpenerapanpembelajaranmelaluikegiatankolasedenganbiji-bijiandapatmeningkatkankemampuanmotorikhalusanakkelompokBTKITUmmulMu’mininMakassar.Adapunjenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas,penelitianinitermasukpenelitiankualitatifdankuantitatifdengansubjekpenelitian adalah anak didik kelompok B TK IT Ummul Mu’minin Makassarpada semester I 2021/2022 yang berjumlah 7 orang. Pengambilan data dilakukandengan menggunakan observasi. Berdasarkan data hasil observasi kemampuanmotorikhalusanakdiTKITUmmulMu’mininrendah,halinidisebabkankurangnyakemampuananakdalammenggunakangunting,melipat,merobeksertamenggunakanjarijemarinyadalammenggunakanlem.Dangurujugakurangmelakukaninovasidenganmetodedanmediayangmenarik.Penelitianini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Hasil analisis dataterjadi peningkatan kemampuan motorik halus anak sebesar 62 % pada siklusI dan 85 % pada siklus II. Data hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwaadanyapengaruhkegiatankolasedenganmenggunakanbiji-bijianterhadapkemampuanmotorik halus anak

Keywords


Kolase, Motorik Halus, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Nomor: 3489 Tahun 2016,Kurikulum RA tentang Landasan Hukum, h. 2.

Nuraida, Nia. 2012. Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus melalui Metode Demonstrasi di TK Ilam Terpadu At-Taqwa. Jurnal Penelitian. Bandung : UPI, h. 132

Pamadhi Hajar,Evan Sukardi.2010. Seni Keterampilan Anak, Yogyakarta: Universitas Terbuka

Rachmawati Yeni, Euis Kurniati 2012. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak, Jakarta: Kencana

Silvana Solichah. 2017. Keterampilan Kolase. Yogyakarta: Indo Publika, h. 1

Sumanto. 2006. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak Sekolah Dasar, Jakarta: Depdiknas

Sumantri, MS. 2005. Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini.

Jakarta: Dinas Pendidikan.

. 2010. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta : Depdiknas, Dirjen Dikti, h. 14

Syafaruddin, dkk. 2013. Profesi Keguruan & Pendalaman Materi Raudhatul Atfal.

Medan : Fakultas Ilmu Tarbiah dan Keguruan IAIN, h. 154.

Wuryandari, Wuri. 2010. Penanaman Nilai Moral Untuk Anak Usia Dini. Jawa Barat : PG TK IT Pusda, h. 32


Article Metrics

Abstract view : 326 times | PDF view : 80 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hasnawati Hasnawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: jurnalpinisi01@gmail.com


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License