PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA PADA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR OTOMOTIF DI SMK PGRI SINGOSARI

Novita Nuraini(1*),

(1) SMK PGRI Singosari
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i2.25062

Abstract


Pandemi corona virus disease 2019 memaksa pemerintah membatasi pertemuan tatap muka pada pendidikan. Dilain sisi, SMK PGRI Singosari telah bekerja sama dengan PT. Sun Star Motor untuk menyediakan lulusan Teknik Kendaraan Ringan yang sesuai dengan kebutuhan industri dan masyarakat. Kebutuhan akan lulusan yang sesuai kebutuhan industry terhambat karena jam praktik terbatas. Akibatnya siswa yang masuk Kriteria Ketuntasan Minimal menurun. Salah satu cara yang patut dicoba adalah metode pembelajaran tutor sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkat jumlah siswa yang masuk Kriteria Ketuntasan Minimal pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Otomotif di kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Data kuantitatif untuk menggali keefektivan metode pembelajaran tutor sebaya dilakukan pada Ujian Praktik Kejuruan. Sampel pra penelitian diambil dari nilai Ujian Praktik Kejuruan II. pengambilan data penelitian diambil 2 kali yaitu Ujian Praktik Kejuruan III dan IV. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ujian praktik kejuruan III ada 7 siswa yang nilainya masuk kriteria kelulusan dan meningkat di Ujian Praktik Kejuruan IV ada 39 siswa yang nilainya masuk kriteria kelulusan.


Keywords


Tutor learning, kejuruan. sebaya, peer teaching

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1997. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Berg, Euwe Vd. (1991). Miskonsepsi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dan

Remidi Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Boud, D. Cohen, R. & Sampson, J.(2001). Peer Learning and Assessment. Assessment

and Evaluation in Higher Education.

Branley [1974 : 53 ] Peer Learning Method.

Hamalik, Oemar. 2001. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: KalamMedia

Joyce, Bruce dan Weil, Marsh. 1972. Models of Teaching Model. Boston: A Liyn dan

Bacon.

Masriyah. 1999. Analisis Butir Tes. Surabaya: Universitas Press.

Muhammad Amin dan Moh Surya. 1982.Pengajaran Remidial. Jakarta: DEPDIKBUD

P2BSPG

Mukhlis, Abdul. (Ed). 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitia Pelatihan

Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban.

Nur, Moh. 2001. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya. University Press.

Universitas Negeri Surabaya.

Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.

Bandung: UPI.

Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa

Cipta.

Suharsimi Arikunto (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta :Rineka Cipta

Usman, Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Widoko. 2002. Metode Pembelajaran Konsep. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Wakhinuddin, S. (2010). Merencanakan Pembelajaran Teknik Otomotif. Padang. UNP

Press.


Article Metrics

Abstract view : 229 times | PDF view : 70 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Novita Nuraini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License