PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA PADA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR OTOMOTIF DI SMK PGRI SINGOSARI
(1) SMK PGRI Singosari
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i2.25062
Abstract
Pandemi corona virus disease 2019 memaksa pemerintah membatasi pertemuan tatap muka pada pendidikan. Dilain sisi, SMK PGRI Singosari telah bekerja sama dengan PT. Sun Star Motor untuk menyediakan lulusan Teknik Kendaraan Ringan yang sesuai dengan kebutuhan industri dan masyarakat. Kebutuhan akan lulusan yang sesuai kebutuhan industry terhambat karena jam praktik terbatas. Akibatnya siswa yang masuk Kriteria Ketuntasan Minimal menurun. Salah satu cara yang patut dicoba adalah metode pembelajaran tutor sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkat jumlah siswa yang masuk Kriteria Ketuntasan Minimal pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Otomotif di kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Data kuantitatif untuk menggali keefektivan metode pembelajaran tutor sebaya dilakukan pada Ujian Praktik Kejuruan. Sampel pra penelitian diambil dari nilai Ujian Praktik Kejuruan II. pengambilan data penelitian diambil 2 kali yaitu Ujian Praktik Kejuruan III dan IV. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ujian praktik kejuruan III ada 7 siswa yang nilainya masuk kriteria kelulusan dan meningkat di Ujian Praktik Kejuruan IV ada 39 siswa yang nilainya masuk kriteria kelulusan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 1997. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Berg, Euwe Vd. (1991). Miskonsepsi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dan
Remidi Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.
Boud, D. Cohen, R. & Sampson, J.(2001). Peer Learning and Assessment. Assessment
and Evaluation in Higher Education.
Branley [1974 : 53 ] Peer Learning Method.
Hamalik, Oemar. 2001. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: KalamMedia
Joyce, Bruce dan Weil, Marsh. 1972. Models of Teaching Model. Boston: A Liyn dan
Bacon.
Masriyah. 1999. Analisis Butir Tes. Surabaya: Universitas Press.
Muhammad Amin dan Moh Surya. 1982.Pengajaran Remidial. Jakarta: DEPDIKBUD
P2BSPG
Mukhlis, Abdul. (Ed). 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitia Pelatihan
Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban.
Nur, Moh. 2001. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya. University Press.
Universitas Negeri Surabaya.
Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.
Bandung: UPI.
Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa
Cipta.
Suharsimi Arikunto (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta :Rineka Cipta
Usman, Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Widoko. 2002. Metode Pembelajaran Konsep. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Wakhinuddin, S. (2010). Merencanakan Pembelajaran Teknik Otomotif. Padang. UNP
Press.
Article Metrics
Abstract view : 229 times | PDF view : 70 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Novita Nuraini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: [email protected]
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License