MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENJASORKES CABANG BOLA BASKET PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 257 BADDOA KABUPATEN BULUKUMBA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE

Mansur Mansur(1*),

(1) SD Negeri 257 Baddoa
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i1.24298

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Penjasorkes Cabang Bola Basket pada Siswa Kelas VI SD Negeri 257 Baddoa Kabupaten Bulukumba melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VI SD Negeri 257 Baddoa Kabupaten Bulukumba sebanyak 23 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan pemberian tugas mengejakan soal-soal secara berkelompok serta tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Tingkat penguasaan materi ajar siswa Kelas VI SD Negeri 257 Baddoa Kabupaten Bulukumba pada tes akhir siklus I dengan nilai rata-rata pada siklus I 57,86 dengan kategori sedang dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 71,78 dengan kategori tinggi dan (2). Hasil belajar Siswa Kelas VI SD Negeri 257 Baddoa Kabupaten Bulukumba pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share.


Keywords


Prestasi penjasorkes,bola basket, koooperatif, TPS

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1997. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Berg, Euwe Vd. (1991). Miskonsepsi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dan

Remidi Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Algesindo.

Joyce, Bruce dan Weil, Marsh. 1972. Models of Teaching Model. Boston: A Liyn dan

Bacon.

Masriyah. 1999. Analisis Butir Tes. Surabaya: Universitas Press.

Mukhlis, Abdul. (Ed). 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitia Pelatihan

Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban.

Nur, Moh. 2001. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya. University Press.

Universitas Negeri Surabaya.

Soedjadi, dkk. 2000. Pedoman Penulisan dan Ujian Skripsi. Surabaya; Unesa

Universitas Press.

Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa

Cipta.

Usman, Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Widoko. 2002. Metode Pembelajaran Konsep. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.


Article Metrics

Abstract view : 65 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mansur Mansur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: jurnalpinisi01@gmail.com


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License