Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 329 Palambarae Kabupaten Bulukumba melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Suhoriah Suhoriah(1*),

(1) SD Nege329 Palambare, Kab.Bulukumba, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v1i1.23625

Abstract


Meningkatkan Hasil Belajar MatematikaSiswa  Kelas V SD Negeri 329 Palambarae Kabupaten Bulukumba melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 329 Palambarae Kabupaten Bulukumba melalui Pembelajaran Kooperatif  Tipe Jigsaw. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas VSD Negeri 329 Palambarae Kabupaten Bulukumbasebanyak 23 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan setelah pemberian tes hasil belajar siswa setiap akhir siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Nilai rata-rata hasil belajar Siswa Kelas VSD Negeri 329 Palambarae Kabupaten Bulukumbapada akhir siklus I 57,65 dengan kategori sedang, nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II adalah 73,00 dengan kategori tinggi dan (2). Hasil belajar Siswa Kelas VSD Negeri 329 Palambarae Kabupaten Bulukumbapada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Negeri 329 Palambarae Kabupaten Bulukumbamelalui Pembelajaran Kooperatif dengan Tipe Jigsaw

Keywords


Matematika,kooperatif, jigsaw

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1994. Dasar-Dasar Evaluasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Alwi, Hasan. 2000. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Handayani. 2003. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Jigsaw. Skripsi. Makassar: FMIPA UNM.

Haling. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: FIP UNM.

Hudoyo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Haling, A. 2006. Belajar Pembelajaran. Makassar: Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan fakultas Ilmu Pendidikan UNM.

Ibrahim, Muslimin. Dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa- University Press.

Nur, Muhammad.2000. Pengajaran Berpusat pada Siswa dan Pendekatan Kontstruktivis Dalam Pengajaran.Surabaya: Unesa-University Press.

Nurhadi. Dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: IKIP Malang.

Nurhayati. 2004. Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Pembelajaran Kooperatif Metode STAD. Skripsi. Makassar: FMIPA UNM.

Pasaribu. dkk. 1983. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.

Parera, Daniel. 1996. Pedoman Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Jakarta: Grasindo.

Paddupai, Darwing. 1999. Eksponen vol. 1 no. 3. Makassar: FMIPA UNM.

Suharto, Bahar. 1997. Pendidikan dan Tekhnik Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.

Suherman, Erman Dkk. 2003. Strategi pembelajaran Matematika kontenporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sudjatmiko, Ponco. 2004. Matematika Kreatif Konsep dan Terapannya. Solo: Tiga Serangkai.


Article Metrics

Abstract view : 111 times | PDF view : 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Suhoriah Suhoriah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: jurnalpinisi01@gmail.com


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License