Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI SD Negeri 329 Palambarae Kabupaten Bulukumba Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe TGT

Cahir Cahir(1*),

(1) SD Negeri 329 Palambarae
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v1i1.23620

Abstract


Peningkatan Hasil Belajar bahasa Indonesia Siswa Kelas VISD Negeri 329 Palambarae Kabupaten Bulukumba Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe TGT. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar bahasa IndonesiaSiswa Kelas VISD Negeri 329 Palambarae Kabupaten Bulukumba Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe TGT. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VISD Negeri 329 Palambarae Kabupaten Bulukumba sebanyak 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan pemberian tugas mengerjakan soal-soal serta tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Tingkat penguasaan materi ajar  siswa kelas VISD Negeri 329 Palambarae Kabupaten Bulukumba dengan nilai rata-rata pada siklus I 64,60 dengan kategori sedang dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 76,05 dengan kategori tinggi dan (2). Tingkat kemajuan  belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan pada siklus II.Ini menandakan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa VISD Negeri 329 Palambarae Kabupaten Bulukumba dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT

Keywords


Hasil belajar, Bahasa Indonesia, kooperatif, TGT

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu, dkk, 1990. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Amiruddin, 1998. Peningkatan peguasaan Materi Pelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Trigonometri Melalui Strategi Belajar Tuntas Siswa Kelas I.II SMP Negeri 28 Ujung Pandang. Skripsi FPMIPA IKIP Ujung Pandang.

Djaali,1992. Pengaruh Kemampuan Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika Alumni No. 1 – 2 Vol. 2, Ujung pandang.

Djamarah, Bakri, Syaiful, 1984. Prestasi Belajar dan Kompetisi guru. Usaha nasional: surabaya.

Hasibuan, dkk, 1998. Proses Belajar (Keterampilan Dasar Pengajaran Mikro). Remaja Karya CV : Bandung.

Hudoyo, Herman, 1990. Belajar Mengajar Matematika Dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Dirjen Dikti: Jakarta

Idrus, H., A, 1990. Teknik-teknik Belajar dan Mengajar. Rineka cipta: Jakarta

Mappa, Syamsu, 1997. Apresasi Pendidikan Lingkungan Sosial dan Prestasi Belajar. IKIP Ujung Pandang: Ujung Pandang

Muhkal, Mappaita, 1997. Pengajaran Remedial Matematika Berdasarkan Hasil Diagnosis Kesulitan Belajar. IKIP Ujung Pandang.

Nasution, 1995. Didaktik Azas-azas Mengajar. Bumi Aksara: Jakarta.

Rasyid, Arviaty,1990. Pengaruh Instrumen Akademika Terstruktur Dan Mandiri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas I.B SMA Negeri I Ujung Pandang. Skripsi FPMIPA IKIP Ujung Pandang.

Slameto,1991. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 181 times | PDF view : 74 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Cahir Cahir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: jurnalpinisi01@gmail.com


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License