Keterlibatan Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter (Disiplin dan Tanggung Jawab) Siswa UPT SDN 24 Binamu Kabupaten Jeneponto

Sudarni Sudarni(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.56680/slj.v3i2.33845

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui gambaran keterlibatan orang tua dalam pembentukan karakter (disiplin dan tanggung jawab) siswa UPT SDN 24 Binamu Kabupaten Jeneponto, 2) Mengetahui kaloborasi keterlibatan orang tua dan guru dalam pembentukan karakter (disiplin dan tanggung jawab) siswa UPT SDN 24 Binamu Kabupaten Jeneponto. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi , wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah  reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Gambaran keterlibatan orang tua dalam pembentukan karakter (disiplin dan tanggung jawab) siswa UPT SDN 24 Binamu Kabupaten Jeneponto yaitu dalam mendidik anaknya itu dengan cara memberikan contoh dan membiasakan melakukan hal-hal yang baik, dan pendidikan yang di berikan kepada anak itu seperti pendidikan agama, karena pendidikan agama itu dapat berfungsi sebagai sarana terbaik untuk mengajarkan hal-hal yang baik kepada anak. Para orang tua juga sudah membentuk karakter anaknya sebelum memasuki sekolah agar anaknya mempunyai rasa hormat. Selain itu, anak juga diajarkan tentang agama agar meraka bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan selalu berada pada jalan kebenaran dan kebajikan. 2) Kaloborasi keterlibatan orang tua dan guru dalam pembentukan karakter (disiplin dan tanggung jawab) siswa UPT SDN 24 Binamu Kabupaten Jeneponto yaitu untuk saat ini hanya melalui komunikasi lewat whatsapp group kelas anaknya karena kondisi pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini, sehingga karakter disiplin dan tanggung jawab peserta didik masih kurang.


Keywords


Orang Tua; Siswa; Karakter

Full Text:

PDF

References


Adrian, & Muhammad.I.S. 2017. Peran orang tua sebagai pendidik anak dalam keluarga. Edugama; Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, 3(2), 165.

Ali, A. M. (2018). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya. Jakarta: Prenada Media.

Bisri, H. (2016). Kolaborasi Orang Tua dan Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin dan Jujur pada Anak Didik: Studi Kasus pada Siswa Kelas 3 MIN Malang 2 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Ernawati, N. (2018). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab dan Kreativitas Melalui Ekstrakurikuler Marching Band: Studi Kasus di Min Bawu Jepara. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang).

Hendrarman. (2019). Pendidikan Karakter Era Milenal. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hero Herman, Maria. (2018. Peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas v di sekolah dasar inpres iligetang. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(20), 137-138.

Hudiyono. (2012). Membangun Karakter Siswa. Jakarta: Erlangga.

Husdarta, H. J. S. (2010). Psikologi olahraga. Bandung: Alfabeta.

Indonesia, U. U. R., & Undang-Undang, R. I. (2003). Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Katuuk, D. A. (2014). Pengembangan Instrumen Pendidikan Karakter Pada Siswa SD di Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Pendidikan Karakter, (2).

Kemendikbud, R.I. (2016). Pedoman Pembinaan Nilai-nilai Ahklak Mulia Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbud Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kemendiknas, R. I. (2010). Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Kemendiknas.

Khiyarusoleh Ujang, Aswar, & Rifqi. ( 2020). Peran orang tua dan guru pembimbing khusus dalam menangani kesulitan belajar bagi anak slow learner. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(3), 242.

Kurniawan, S. (2017). Pendidikan Karakter. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Majid, A., Wardan, A. S., & Andayani, D. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. PT Remaja Rosdakarya.

Ningrum, W, E. A,I., & Fajrie, N. (2020). Faktor – Faktor Pembentuk Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Dalam Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1), 112.

Pratiwi, N. K. S. P. (2019). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 83-90.

R. M. Umar dkk . (2004). Komitmen dan Sosiologi : Bandung : Angkasa Media.

Samani, M. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Rosdakarya.

Slameto. (2003). Peranan Ayah dalam Pendidikan Anak. Salatiga: Satya Widya.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualititif, dan R & D. Cetakan ke-23, Bandung: Alfabeta.

Umar Munirwan. (2015). Peranan orang tua dalam peningkatanprestasi belajar anak. Jurnal Ilmiah Edukasi, 1(1), 27.

Wargito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Wulandari, Yeni; & Muhammad, K. (2017). Strategi sekolah dalam penguatan pendidikan karakter bagi siswa dengan memaksimalkan peran orang tua: Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi, 2(2), 299-300.

Yasin, M. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin, Tanggung Jawa dan Rasa Hormat di Min 5 Bandar Lampung. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung).


Article Metrics

Abstract view : 80 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Social Landscape Journal




              
 Office of Social Lanscape Journal: