Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan Hasil Tangkapan Ikan Pada Pangkalan Pendaratan Ikan Paotere Makassar

Nurfitrah Nurfitrah(1*),

(1) Pendidikan Sejarah dan Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.56680/slj.v2i2.23768

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran strategi pemasaran pada Pangkalan Pendaratan Ikan Paotere Makassar (2) Untuk mengetahui gambaran penjualan hasil tangkapan ikan pada Pangkalan Pendaratan Ikan Paotere Makassar (3) Untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran terhadap penjualan hasil tangkapan ikan pada Pangkalan Pendaratan Ikan Paotere Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif survey dengan populasi berjumlah 150 orang, dan sampel berjumlah 60 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, kuesioner/angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) gambaran strategi pemasaran pada Pangkalan Pendaratan Ikan Paotere Makassar berada pada kategori “sangat baik”, dillihat dari indikator produk, harga, tempat dan promosi (2) gambaran penjualan hasil tangkapan ikan pada Pangkalan Pendaratan Ikan Paotere Makassar berada pada kategori “baik”, dilihat dari indikator mencapai volume penjualan, mendapatkan laba, dan menunjang pertumbuhan usaha (3) adanya pengaruh positif antara strategi pemasaran terhadap penjualan hasil tangkapan ikan pada Pangkalan Pendaratan Ikan Paotere Makassar berada dalam kategori “sangat kuat” dan dengan besar pengaruh 66,5 % strategi pemasaran mempengaruhi penjualan hasil tangkapan ikan pada pangkalan pendaratan ikan Paotere Makassar.


Keywords


Strategi pemasara; Penjualan; Paotere; Makassar

Full Text:

PDF

References


Andi,dkk. 2012. Panduan Praktis SPSS 20. Yogyakarta : Wahana komputer

Assauri, Sofyan. 2017. Manajemen Pemasaran. Edisi 1 Cetakan 15. Jakarta: Rajawali Pers

Amir, 2011. Pengaruh penjualan kredit terhadap likuiditas pada PT. Hadji Kalla di kota Makassar. Skripsi. UNM

Bungin, Burhan. M. 2013. Metodologi Penelitian Sosial & Ekonomi Format-format Kuantitaif dan Kualitatif. Jakarta : Prenamedia Group

Irawan dan basu swastha. 2008. Manajemen pemasaran modern. Yogyakarta : liberty

Kotler Philip dan Gary Amstrong. 1999. Prinsip-prinsip pemasaran. Jilid 1 Edisi 3 Cetakan 2. Jakarta : Erlangga

Kotler Philip. 1991. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran. Jilid 2, Edisi 8. Jakarta : Erlangga

Noor, Juliansyah.2014. Metodologi Penelitian. Cetakan ke-1. Jakarta : Kencana

Nurlisah, 2018. Pengaruh bauran pemasaran terhadap peningkatan volume penjualan lipaq saqbe pada malolo group kabupaten Polewali Mandardalam perspektif ekonomi islam. Skripsi.UIN Alauddin Makassar

Paulus, Kristianto lilik. 2002. Psikologi pemasaran. Jakarta: PT Buku Seru

Pengertian harga. Diakses pada tanggal 1 Januari 2020 jam 10.00 WITA

https://www.maxmonroe.com/vid/bisnis/pengertian-harga.html

Peter J. paul dan Jerry C. Olson. 1999. CONSUMEN BEHAVIOR : Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi 4 cetakan 1. Jakarta : Erlangga

Setyaningrum, Ari. 2015. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi I. Yogyakarta: Andi

Siregar, Syofian. 2013. Metode penelitian kuantitatif. Cetakan ke-1. Jakarta: Prenadamedia Grup

Sudijono.2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Raja Grapindo

Sugiyono. 2008. Metode penelitian pendidikan. Cetakan ke-6. Bandung: CV.Alfabeta

Susilowati sukma, 2015. Pengaruh konsumtif terhadap laba bersih sebelum pajak pada PT Bank SULSELBAR Cabang Utama Makassar. Skripsi. UNM

Undang-undang Republik Indonesia No.43 Tahun 2008 tentang wilayah Negara

Usman, husaini. 1995. Metodologi penelitian social. Jakarta : Bumi aksara

Wardaya Sri, Darmanto. 2016. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : Deepublish

Wena, made. 2013. Strategi pembelajaran inovatif kontemporer. Jakarta : Bumi aksara

Yanto, Pratiknyo Sidik. 2009. Dasar-dasar kewirausahaan. Cetakan 1. Jakarta pusat: Pt ikrar mandiri abadi


Article Metrics

Abstract view : 292 times | PDF view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Social Landscape Journal




              
 Office of Social Lanscape Journal: