PERAN GURU IPS TERHADAPAT PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI (STUDI DESKRIPTIF PONDOK PESANTREN AN-NAHDLAH MAKASSAR)

Miftahul Khaerat(1*),

(1) Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.56680/slj.v1i1.12249

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) peran guru IPS dalam pendidikan karakter santri Pondok Pesantren An-Nahdlah Makassar  dan 2) faktor-faktor yang mempengaruhi peran guru IPS dalam pembentukan karakter santri Pondok Pesantren An-Nahdlah Makassar. Metode penilitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner/angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan 1)  peran guru IPS dalam pendidikan karakter santri Pondok Pesantren An-Nahdlah Makassar  berada pada ketegori tinggi dengan indikator yaitu keteladanan, inspirator, motivator, evaluator. 2) faktor-faktor yang mempengaruhi peran guru IPS dalam pembentukan  karakter santri Pondok Pesantren An-Nahdlah Makassar berada pada ketegori tinggi dengan indikator kerpibadian guru, sikap, konsep diri serta hubungan antara guru dan anak didik

Full Text:

XML

Article Metrics

Abstract view : 173 times | XML view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Social Landscape Journal




              
 Office of Social Lanscape Journal: