PERAN GURU IPS TERHADAPAT PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI (STUDI DESKRIPTIF PONDOK PESANTREN AN-NAHDLAH MAKASSAR)
(1) Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.56680/slj.v1i1.12249
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) peran guru IPS dalam pendidikan karakter santri Pondok Pesantren An-Nahdlah Makassar dan 2) faktor-faktor yang mempengaruhi peran guru IPS dalam pembentukan karakter santri Pondok Pesantren An-Nahdlah Makassar. Metode penilitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner/angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan 1) peran guru IPS dalam pendidikan karakter santri Pondok Pesantren An-Nahdlah Makassar berada pada ketegori tinggi dengan indikator yaitu keteladanan, inspirator, motivator, evaluator. 2) faktor-faktor yang mempengaruhi peran guru IPS dalam pembentukan karakter santri Pondok Pesantren An-Nahdlah Makassar berada pada ketegori tinggi dengan indikator kerpibadian guru, sikap, konsep diri serta hubungan antara guru dan anak didik
Full Text:
XMLArticle Metrics
Abstract view : 173 times | XML view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Social Landscape Journal
Office of Social Lanscape Journal: