SIKAP BAHASA SISWA KELAS VIII SMPN 1 TAROWANG KABUPATEN JENEPONTO TERHADAP BAHASA MAKASSAR

Idawati Idawati(1*), Andi Agussalim AJ(2), Asia M(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap bahasa siswa kelas VIII SMPN 1 Tarowang Kabupaten Jeneponto terhadap bahasa Makassar yang terbagi menjadi 3 ciri yaitu (1) kesetiaan  bahasa (2) kebanggaan bahasa dan (3) kesadaran adanya norma  bahasa. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan  menggunakan angket luring. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 71 siswa sehingga dalam penarikan sampel penelitian menggunakan  total sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Tarowang yang berjumlah 71 siswa. Teknik analisis data yang digunakan  yaitu analisis kuantitatif dengan menggunakan perhitungan  statistic dalam bentuk presentase. Hasil penelitian menunjukkan (1) kesetiaan bahasa siswa terhadap bahasa Makassar berkategori positif karena secara umum persentase jawaban siswa berada  pada kategori tinggi pada pernyataan positif dengan pilihan alternatif jawaban setuju; (2) kebanggaan bahasa siswa terhadap bahasa Makassar yang berkategori positif karena secara umum presentase jawaban tertinggi siswa pada pernyataan positif ada pada alternatif  jawaban setuju; (3) kesadaran adanya norma bahasa Makassar siswa yang berkategori positif karena secara umum  presentase jawaban tertinggi siswa pada pernyataan  positif ada pada alternatif jawaban setuju.

Keywords


skip bahasa, bahasa Makassar, Jeneponto

Full Text:

PDF

References


Akbar, Amal. 2017. Sikap Bahasa dan perilaku Berbahasa Indonesia Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Perguruan Tinggi Makassar. Skripsi. Makassar.

Ardiyani, Dewi, Kartika. & Sobara, Iwa. 2013. Sikap Bahasa Mahasiswa Laki-laki dan Perempuan di Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang. Bahasa dan Seni. 41. (1).

Chaer,..Abdul...2009..Psikolinguistik...Jakarta. PT Asdi Mahasatya.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. (2010). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Fahruddin, M. (2009). Hubungan antara Kemampuan Membaca Pemahaman dan Sikap Bahasa dengan Kemampuan Mengapresiasi Cerita Pendek. Tesis. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Handayani, Retno. (2016). Kebanggaan Masyarakat Sebatik terhadap Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah, dan Bahasa Asing: Deskripsi Sikap Bahasa di Wilayah Perbatasan. Kebanggaan Masyarakat Sebatik 5 (2).

Lianur, Misna. Dan Kustina, Rika. (2017). Sikap Berbahasa Penutur Bahasa Gayo Ragam Santai Lingkungan STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh. Jurnal Sikap Berbahasa Mahasiswa. V. (1).

Mansyur, Umar. (2009). Sikap Bahasa Mahasiswa dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Jurnal Gerakan Aktif Menulis. 7 (2). 73.

Miles, H. & Huberman, A.M. Saldana. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook, 3.

Moleong. L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi Revisi). In PT.Remaja Rosda Karya.

Oswari, Teddy. Hastuti, Erni. (2015). Kajian Dialektologi dan Sikap Bahasa Minang pada Pedagang Rantau di Jakarta. Jurnal. Universitas Gunadarma.

Riska. (2020). Sikap Bahasa Siswa Kelas VII SMPN 2 Tanete Riaja Terhadap Bahasa Bugis. Skripsi. Makassar.

Saleh, Muhammad dan Mahmudah. 2006. Sosiolinguistik. Makassar. Badan penerbit. UNM.

Santoso, dan Arif Ismail. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Sikap Bahasa Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. 6 (2).

Senjaya, Arip dkk. Kajian Sosiolinguistik Pemakaian Variasi Bahasa Ken (Cant) oleh para Pengemis di Lingkungan Lampu Merah Kota Serang Provinsi Banten. Membaca. 3 (2).

Sugiyono. (2015). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukma, Riza. (2017). Sikap Bahasa Remaja Keturunan Betawi terhadap Bahasa Ibu dan Dampaknya pada Pemertahanan Bahasa Betawi. Tesis.

Sumarsono. (2009). Sosiolinguistik. Lembaga Studi Agama, Budaya dan Perdamaian: Yogyakarta. Badan Penerbit.

Tondo, Fanny Henny. (2009). Kepunahan Bahasa-Bahasa Daerah: Faktor Penyebab dan Implikasi Etnolingusitik. Jurnal Masyarakat & budaya. 11 (2): 290-292.

Winarti, Sri. (2015). Sikap Bahasa Masyarakat di Wilayah Perbatasan NTT. Penelitian Sikap Bahasa pada Desa Silawan, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Metalingua. 13 (2).


Article Metrics

Abstract view : 146 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Idawati Idawati, Andi Agussalim AJ, Asia M

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Department of Indonesian Language, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Ikatan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (IKAPROBSI). 

Indexed by:

 

  Email: [email protected]


Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

 

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License