TINJAUAN MORFOLOGIS PADA KARANGAN DESKRIPSI BAHASA BUGIS SMAN 4 MAROS KABUPATEN MAROS

Musdalifah Musdalifah(1*), Johar Amir(2), Syamsudduha Syamsudduha(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Tinjauan Morfologis pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas X MIPA 1 SMAN 4 Maros Kabupaten Maros. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah penggunaan bahasa Bugis dalam bidang morfologi pada aspek afiksasi, reduplikasi, dan pemajemukan bahasa Bugis yang ditemukan dalam teks deskripsi bahasa Bugis siswa kelas X MIPA 1 SMAN 4 Maros Kabupaten Maros. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks deskripsi bahasa Bugis yang ditulis oleh 33 orang siswa dwibahasawan Bugis-Indonesia.Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dilakukan secara offline dengan teknik dokumentasi, teknik baca, dan teknik catat. Keseluruhan data yang diperoleh dianalisis melalui beberapa tahap: (1) membaca teks deskripsi bahasa Bugis yang ditulis oleh siswa, (2) mencatat bentuk penggunaan morfologi bahasa Bugis yang ditemukan baik dari segi afiksasi, reduplikasi dan pemajemukan, (3) mengidentifikasi bentuk penggunaan morfologis bahasa Bugis yang ditemukan, (4) mengklasifikasikan bentuk penggunaan morfologis bahasa Bugis yang ditemukan, (5) mendeskripsikan dan menjabarkan bentuk penggunaan morfologis bahasa Bugis yang ditemukan, (6) membuat kesimpulan sebagai hasil temuan penelitian.Hasil penelitian menunjukkan bentuk penggunaan morfologis pada karangan deskripsi siswa kelas X MIPA 1 SMAN 4 Maros Kabupaten Maros, berupa penggunaan prefiks yang kurang tepat, prefiks yang seharusnya mengalami perubahan bentuk jika dilekatkan dalam kata dasar tidak mengalami perubahan bentuk, dan prefiks yang seharusnya tidak mengalami perubahan bentuk jika dilekatkan dengan kata dasar mengalami perubahan bentuk. Penggunaan reduplikasi pada karangan deskripsi siswa kelas X MIPA 1 SMAN 4 Maros kabupaten Maros, berupa menentukan bentuk adjektiva, verba. Adapun bentuk penggunaan penulisan kata majemuk dalam karangan deskripsi siswa kelas X MIPA 1 SMAN 4 Maros kabupaten Maros merupakan penulisan kata majemuk yang penulisannya seharusnya menggunakan huruf glotal q namun tetapi ditulis dengan menggunakan apostrof (‘)


Keywords


tinjauan morfologi, teks deskripsi, bahasa Bugis

Full Text:

PDF

References


Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman. 2015. Penulisan Populer. Depok: Rajagrafindo Persada.

Finoza, Lamudin. 2008. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.

Junus, Andi Muhammad dan Andi Fatimah Junus. 2007. Morfologi Bahasa Bugis. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Kridalaksana. 1982. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mariskan, S. 1992. Ikhtisar Bahasa Indonesia. Surabaya: P.T Edumedia.

Mulyati. 2014. Terampil Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta :Prenadameda Group.

Muslich, Masnur. 2010. Garis-garis Besar Tatabahasa Baku Bahasa Indonesia. Bandung: PT Refika Arditama.

Nurjamal, Daeng, Warta Sumirat, dan Riadi Darwis. 2014. Terampil Berbahasa Bandung: Alfabeta.

Parera, Jos Daniel. 1997. Linguistik Edukasional, Metodologi Pembelajaran Bahasa, Analisis Kontrastif Kesalahan Berbahasa, Analisis Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Erlangga.

Rahayu, Sri. 2011. “Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mare Kabupaten Bone”. Makassar: Program S1 Universitas Negeri Makassar.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Elfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta CV.

Suparno dan Yunus, M. (2008). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka

Syahruddin dkk. 2011. Mari Berbahasa Indonesia yang Baik dan Benar. Makassar: CV Permata Ilmu Makassar.

Tarigan, Djago dan Lilis Siti Sulistyaningsih. 1996. Analisis Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penetaran Guru SLTP D-III. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung: Angkasa.

Yulianto, Bambang dam Maria Mintowati. 2009. Analisis Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.


Article Metrics

Abstract view : 99 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Musdalifah Musdalifah, Johar Amir, Syamsudduha Syamsudduha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Department of Indonesian Language, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Ikatan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (IKAPROBSI). 

Indexed by:

 

  Email: [email protected]


Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

 

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License