REKONSTRUKSI PENDIDIKAN ILMU SOSIAL YANG BERWAWASAN NUSANTARA

Musdaliah Mustadjar(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Ilmu sosial adalah sebuah konsep ambisius untuk mendefisikan seperangkat disiplin akademik yang memberikan perhatian pada aspek-aspek kemasyarakatan manusia. Keberadaan ilmu ini sangat sentral dalam memotret kehidupan manusia dalam berbangsa dan bernegara.  Secara metodologis, ilmu sosial menunggangi pendekatan normatif (hukum, filsafat dan politik). Perkembangan ilmu pengetahuan harus mengikuti perkembangan gerak masyarakat. Semakin cepat perubahan terjadi maka dengan cepat pula ilmu merespon kondisi tersebut. Inilah yang terjadi di negara eropa sejak dulu para ilmuan sangat sigap dalam merespon perubahan sosial yang ada.  Ilmu pengetahuan sosial yang kita pelajari saat ini adalah produk pemikiran yang lahir dari kajian terhadap kondisi sosial budaya yang berkembang sejak lama di eropa.  Dinamika perkembangan ilmu pengetahuan Indonesia saat ini tidak bisa kita nafikan bahwa sekedar mengkaji keilmuan yang ada di barat. Dengan berat hati bahwa ilmu pengetahuan kita tidak lahir dari rahim nusantara. Untuk itu perlu sekiranya kita refleksikan kembali arah dan konten ilmu pengetahuan sosial yang kita miliki saat ini.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 243 times | PDF view : 172 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.