The Effect of Using the Student Team Achievement (STAD) Cooperative Learning Model on Primary School Student Learning Outcomes in Science Subjects in Makassar City
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Dewi, G. A. K. D. N., Kusmariyatni, N., & Wibawa, I. M. C. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Stad Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2).
Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., ... & Ndraha, L. D. M. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325-332
Ihsan, I., Eddy, A., Syafruddin, S., & Nila, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV Di SDN Inpres Sangiang Wera. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(1).
Mujazi, M. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 1(5), 332233.k
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.
Rosmala, A. 2021. Model-model pembelajaran matematika. Bumi Aksara.
Samatoa, U. (2016). Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar.Jakarta Barat: Indeks.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2018. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta: Kharisma Putra Grafika.
Wardana, Ika, Tinggi Banggali, Halimah Husain. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achivement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPAAvogadro SMA Negeri 2 Pangkajene (Studi pada Materi Asam Basa). Jurnal Chemica. 18(1), 76 –84.
Wijaya, H., & Arismunandar, A. (2018). Pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe stad berbasis media sosial. Jurnal Jaffray, 16(2), 175-196.
Wulandari, I., & Kunci, K. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal papeda, 4(1).
Article Metrics
Abstract view : 41 times | PDF view : 2 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)